Apresiasi dari kami terhadap upaya Pemprov Sulsel untuk melakukan pencegahan korupsi
Makassar (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah IV Niken Ariati memberikan arahan sekaligus mengapresiasi rencana aksi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam pencegahan korupsi.

“Apresiasi dari kami terhadap upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk melakukan pencegahan korupsi,” ujar Niken pada Rakor Program Pencegahan Korupsi di Provinsi Sulsel secara virtual, di Makassar, Kamis.

Niken dalam kesempatan ini sekaligus memberikan beberapa masukan terhadap rencana aksi Pemprov Sulsel tahun 2021 ini, termasuk mendorong agar Pemprov Sulsel terus berupaya memberikan kinerja yang lebih terukur dan ada percepatan.

“Harapan kami, ada inovasi dengan inisiatif lebih substantif,” kata Niken pada pertemuan yang membahas progres penyusunan rencana aksi Pemprov Sulsel 2021 itu.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, senantiasa berupaya melakukan perbaikan dan evaluasi untuk lebih baik.

Oleh karena itu, setiap pekan di hari Senin, ada rapat rutin (coffee morning) yang dilakukan antara gubernur beserta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membahas progres perencanaan kegiatan ke depan.

Ia mengaku, pihaknya melakukan evaluasi menyeluruh di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), untuk memaksimalkan program-program prioritas.

Andi Sudirman pun melaporkan terkait utang Pemprov Sulsel tahun 2020 lalu yang tersisa 5 persen dari utang yang telah diverifikasi dan diakui oleh BPKP dan inspektorat.

“Kami juga melakukan terobosan dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), di antaranya perbaikan sistem pada PBJ,” ujarnya lagi.

Dia mengatakan, salah satu yang saat ini digodok untuk optimalisasi pemberian Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN dengan nilai yang diterima sesuai dengan kinerja.

“Terkait pencegahan tindak pidana korupsi, kami mohon Kasatgas Korsupgah KPK untuk terus berkoordinasi dengan kami, bagaimana target kami dari optimistis menjadi hal realistis plan, sehingga upaya ini bisa maksimal dan sukses untuk ke depan,” katanya pula.
Baca juga: Wakil Ketua KPK minta Pemprov Sulsel serius cegah korupsi
Baca juga: Korpsupgah KPK mendatangi kantor DPRD Sulsel

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021