Amien deklarasi Partai Ummat, berikut susunan pengurus

Amien deklarasi Partai Ummat, berikut susunan pengurus

Tangkapan Layar Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais memimpin acara deklarasi partai di Yogyakarta, Kamis (29/4/2021) sebagaimana ditayangkan di akun Youtube Amien Rais Official. (ANTARA/Genta Tenri Mawangi)

Jakarta (ANTARA) - Tokoh Reformasi 1998 Amien Rais secara resmi mendeklarasikan pendirian Partai Ummat di Yogyakarta, Kamis bertepatan pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah, demikian informasi dari akun Youtube Amien Rais Official.

"Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader, dan anggota Partai Ummat, pada 17 Ramadhan 1442 Hijriah, bertepatan dengan 29 April 2021 Masehiah, Bismillahirahmanirahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada Bumi Pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama,” kata Amien Rais sebagaimana dipantau di Jakarta, Kamis.

"Kami Partai Ummat bersama anak bangsa lainnya, Insya Allah, akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan,” kata Amien Rais yang saat deklarasi mengenakan seragam Partai Ummat.

Di sisi kanan dan kiri serta belakang Amien Rais, jajaran pengurus Partai Ummat berdiri mendengarkan isi deklarasi pendirian partai.

"Kami sadar bahwa menegakkan kebajikan dan memberantas keburukan serta menegakkan keadilan dan melawan kezaliman memerlukan kesabaran, ketekunan, dan keteguhan," ucap dia.

Baca juga: Partai Ummat nyatakan sebagai partai terbuka semua kalangan

Baca juga: Tudingan Amien Rais pemerintah habisi demokrasi dinilai tak tepat


"Kami abdikan seluruh salat kami, seluruh ibadah kami, kehidupan kami. Kami persembahkan hanya untuk Allah, Tuhan Semesta Alam," kata Amien Rais, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat periode 1999-2004.

"Kami yakin, seluruh mekanisme demokrasi kita dan konstitusi kita lebih dari cukup untuk melakukan perbaikan dalam kehidupan nasional sehingga kita tidak perlu cara-cara ekstra parlementer dan cara-cara ekstra konstitusi," tutur tokoh Reformasi itu.

Usai membacakan deklarasi pendirian Partai Ummat, Amien Rais kemudian memimpin doa dan menyerukan “Allahuakbar” (Allah Maha Besar) sebanyak tiga kali.

Ia juga menutup deklarasi dengan menyerukan kata "Merdeka", yang turut diikuti oleh jajaran pengurus partai yang berdiri di belakang Amien Rais.

Dalam unggahan yang sama, Partai Ummat langsung mengumumkan jajaran pengurus Majelis Syuro dan Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Berikut susunan kepengurusan Partai Ummat:

Majelis Syuro Partai Ummat

Ketua Majelis Syuro: Amien Rais
Wakil Ketua 1: MS Kaban
Wakil Ketua 2: Thalib Sagaf Aldjufri
Sekretaris: Ansufri Idrus Sambo

DPP Partai Ummat

Ketua Umum: Ridho Rahmadi
Sekretaris Jenderal: Ahmad Muhadjir Sodrudin
Bendaraha Umum: Benny Suharto
Wakil Ketua Umum 1: Agung Mozin
Wakil Ketua Umum 2: Sugeng
Wakil Ketua Umum 3: Chandra Tirta Wijaya.

"Demikian, untuk lengkapnya akan kami lengkapi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Yogyakarta, 17 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi. Atas nama Dewan Pendiri Partai Ummat, Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh," kata salah seorang kader partai mengakhiri pengumuman.

Usai pembacaan daftar pengurus, Amien Rais beserta jajaran kader Partai pun menyanyikan Mars Partai Ummat sebagai acara penutup pembacaan deklarasi.

Baca juga: Politikus PAN: Slogan "PAN adalah Amien Rais" sudah berlalu

Baca juga: PAN tak khawatir suaranya tergerus pasca-munculnya Partai Ummat

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Putri Amien Rais diperiksa terkait kasus Ratna Sarumpaet

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar