Jakarta (ANTARA) - Aprilia pada Kamis mengumumkan kesepakatan baru dengan Dorna Sports untuk tetap berkompetisi di MotoGP hingga 2026.

Dengan perpanjangan komitmen tersebut, Aprilia akan menjadi tim pabrikan sepenuhnya mulai 2022 setelah kontrak dengan Gresini Racing, yang telah digandeng untuk melakoni kejuaraan dunia MotoGP sejak 2015, akan berakhir.

Aprilia menjadi pabrikan terakhir dari enam pabrikan yang telah menandatangani kontrak baru dengan Dorna setelah Suzuki, Yamaha, Honda, Ducati dan KTM.

"Mulai musim depan, kami akan berpartisipasi dalam kapasitas ofisial sebagai pabrikan," kata CEO Aprilia Racing Massimo Rivola seperti dikutip laman resmi MotoGP.

"Ini membuka peluang baru dan semoga luar biasa, dan kami harus mengurus banyak tanggung jawab tambahan.

Baca juga: Dovizioso bicara soal rencana ke depan bareng Aprilia
Baca juga: Kondisi fisik Marquez bakal diuji lagi di Jerez


Aprilia-Gresini finis terakhir di antara pabrikan lainnya di MotoGP pada 2020.

Kendati demikian, Aprilia mengawali musim 2021 dengan tren positif setelah mampu tampil tercepat di sesi tes pramusim Qatar dan bertarung dengan para pebalap teratas dengan motor RS-GP baru mereka.

Aleix Espargaro saat ini menjadi pebalap Aprilia teratas di peringkat enam klasemen pebalap sedangkan tandemnya, Lorenzo Savadori di peringkat ke-22.

Mantan juara dunia asal Italia Fausto Gresini, yang merupakan pendiri tim Gresini, meninggal dunia karena komplikasi COVID-19 pada 23 Februari di usia ke-60.

Istrinya, Nadia Padovani, menjadi pemilik baru dan manajer tim tersebut, dan telah sepakat dengan Dorna untuk kembali ke MotoGP sebagai tim independen mulai 2022.

"Mengenang Fausto sepenuh hati, saya berharap tim ini dan semua stafnya meraih kesuksesan untuk musim-musim berikutnya," demikian Rivola.

Baca juga: Morbidelli, Rossi ingin mengulang sukses di Jerez
Baca juga: Tito Rabat gantikan Jorge Martin di Grand Prix Spanyol 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021