Tempat tidur pasien COVID-19 di Pekanbaru penuh

Tempat tidur pasien COVID-19 di Pekanbaru penuh

dr Indra Yovi. (ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Riau dr Indra Yovi mengungkapkan kapasitas tempat tidur pasien COVID-19 di ruang Intensive Care Unit (ICU) di sejumlah rumah sakit di Kota Pekanbaru sudah terisi penuh.

"Iya, penuh semua, sudah 100 persen," kata dr Indra Yovi di Pekanbaru, Kamis.

Penuhnya isian tempat tidur di rumah sakit tersebut menyusul adanya lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Provinsi Riau sejak beberapa pekan belakangan ini.

Maka dari itu, Indra Yovi menegaskan bahwa tidak ada cara selain menurunkan angka pasien COVID-19, khususnya yang bergejala berat sehingga tempat tidur di ruang ICU rumah sakit habis.

Baca juga: Pekanbaru hentikan belajar tatap muka di 28 kelurahan zona merah

Baca juga: Pekanbaru prioritaskan vaksinasi COVID-19 kepada lansia


Selain itu, lanjutnya, protokol kesehatan juga harus diperketat lagi. Kemudian pasien yang mengalami gejala segara lakukan isolasi, namun di tempat yang disiapkan pemerintah.

Menurutnya, hal lebih aman karena diawasi petugas dan tidak berisiko menularkan ke anggota keluarganya di rumah sehingga pasien tidak harus menunggu bergejala berat baru dibawa ke rumah sakit.

"Terutama di Kota Pekanbaru. Karena hampir setengah kasus COVID-19 di Riau ada di Pekanbaru. Jadi kalau di Pekanbaru penanganannya beres, selesai kasus di Riau ini," katanya.

Berdasarkan data hingga Kamis malam, jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di Kota Pekanbaru mencapai 408 orang, dan yang sedang menjalani isolasi mencapai 1.513 orang.

Secara keseluruhan di Provinsi Riau terdapat 896 pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dan 3.831 orang menjalani isolasi mandiri di berbagai lokasi. Selama periode Maret 2020 hingga April 2021, terdapat 1.070 pasien COVID-19 yang meninggal dunia di provinsi beribukota Pekanbaru ini.*

Baca juga: Baru dua bulan menjabat, Wakil Wali Kota Dumai wafat karena COVID-19

Baca juga: Kasus COVID-19 meningkat hampir dua kali lipat di Riau

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Riau mulai bangun Rumah Oksigen Gotong Royong

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar