Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Yonif Mekanis 512/QY Pos Waris mendampingi tim Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP RI) meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang ada di Dusun Paytenda, Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Taufik Hidayat dalam keterangan, di Keerom, Jumat mengungkapkan, kunjungan tim BNPP RI beserta rombongan didampingi anggota Pos Waris berjalan kaki menuju ke PLBN Dusun Paytenda dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan dengan jarak sekitar tiga kilometer.

"Pengamanan peninjauan lokasi PLBN ini merupakan tanggung jawab Satgas Yonif Mekanis 512/QY karena Dusun Paytenda masuk dalam sektor tanggung jawab Pos Waris," kata Letkol Taufik.

Dansatgas menjelaskan, kegiatan pengamanan tersebut melibatkan 20 orang terdiri 10 orang anggota pos Waris dan 10 orang anggota pos Kalipay yang dipimpin langsung Komandan Kompi B Lettu Inf Nugraha Khofa dan Danpos Waris Letda Inf Tatok Pujianto.

"Pengamanan telah dilaksanakan personel Satgas dan telah tiba di Pos PLBN Dusun Paytenda yang ditinjau tim BNPP sementara belum beroperasi karena masih dalam tahap pembangunan,"ungkap Dansatgas.

Wakil Bupati Keerom Wahfir Kosasih mengungkapkan, pembangunan PLBN tersebut akan segera diselesaikan dan dioperasionalkan.

"Dalam waktu dekat pembangunan Pos PLBN ini akan segera diselesaikan supaya bisa beroperasi sebagaimana mestinya," harap Wabup Keerom Wahfir Kokasih.

Sementara itu, Kholik dari tim BNPP RI mengungkapkan pihaknya akan terus memantau perkembangan pembangunan sarana fisik PLBN tersebut.

"Saya berterima kasih kepada Satgas Yonif 512/QY yang telah mendampingi, terima kasih kepada Bapak Wakil Bupati Wahfir dan seluruh pihak yang terlibat atas pembangunan pos PLBN ini," ujarnya.

Kholik mengatakan, tim BNPP pusat juga berterima kasih kepada anggota TNI yang berpartisipasi dalam kegiatan ini hingga dapat berjalan dengan lancar.

Turut hadir juga dalam kegiatan mendampingi tim BNPP di antaranya Kepala PLBN Provinsi Papua Yan Z Numberi, Border Board Kabupaten Keerom Ronald Aez, Dirut kawasan perkotaan dan batas negara Kemendagri Thomas dan Asisten Deputi Pengelolaan Lintas Batas Negara Murtono.


 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021