Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Syariah Bukopin (BSB) menawarkan produk kepemilikan mobil, Pembiayaan Mobil iB, memanfaatkan hingar bingar Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta 23 Juli hingga 1 Agustus mendatang.

Mau tahu kelebihan Pembiayaan Mobil iB? Menurut Direktur Utama BSB Riyanto, fasilitas itu menggunakan pola akad Murabahah yaitu jual beli barang sebesar harga perolehan ditambah dengan margin yang disepakati oleh penjual dan pembeli.

Menurut dia, dalam akad ini, BSB akan membelikan mobil yang dinginkan nasabah, kemudian menjualnya kepada nasabah dengan harga yang telah ditambah dengan margin keuntungan yang disepakti antara BSB dengan nasabah.

"Pembiayaan mobil ini adalah merupakan persembahan kami bagi nasabah. Nasabah dapat memanfaatkan kemudahan fasilitas pembiayaan mobil dengan segera sesuai keinginan jenis mobil pilihannya," katanya.

Dalam IIMS 2010 ini, BSB akan menawarkan dua paket pembiayaan mobil, yaitu pertama Paket Fantastis dan kedua Paket Boom.

Paket Fantastis ini adalah paket mobil dengan cover asuransi all risk dengan pilihan pembayaran premi diawal, sedangkan Paket Boom, yakni pilihan pembiayaan mobil melalui pembayaran premi dicicil.

Pembiayaan Mobil iB BSB juga memiliki keunggulan persyaratan mudah dan proses cepat hanya one day approval uang muka relatif ringan; margin kompetitif; dan angsuran tetap selama jangka waktu pembiayaan.

Adanya angsuran tetap ini menjadikan nasabah tidak akan dipusingkan dengan masalah naiknya angsuran apabila terjadi kenaikan suku bunga pasar karena besar nilai angsuran tetap sampai masa angsuran selesai.

Persyaratan untuk kepemilikan mobil melalui BSB juga sangat mudah, antara lain WNI berusia minimal 21 tahun atau sudah menikah, dan maksimal 60 tahun pada saat pelunasan kepemilikan mobil.

Selain itu melengkapi dokumen, seperti fotocopi KTP/SIM, KK, rekening tabungan/giro 3 (tiga) bulan terakhir , tagihan listrik/air/telpon, dan slip gaji asli bulan terakhir

"Keikutsertaan dalam pameran mobil di IIMS ini merupakan pertama kali bagi kami, sehingga pameran ini merupakan penetrasi pasar untuk produk consumer BSB," tegasnya.

BSB, selain menyalurkan langsung kepada end user juga menjalin kerjasama dengan multifinance dalam rangka mempercepat pertumbuhan pembiayaan mobil.

BSB dalam pameran ini juga menawarkan beberapa produk seperti Tabungan iB SiAga, Tabungan iB Rencana, Tabungan iB SiAga Bisnis, Tabungan iB Haji dll.

Layanan pembiayaan BSB meliputi iB Jual-Beli (murabahah), iB bagi Hasil (musyarakah), iB bagi hasil (mudharabah), iB investasi terikat (mudharabah muqayyadah), iB K3A Pola Syariah, iB Pemilikan Rumah, iB KPPA-Relending, iB Perjalanan Haji, iB Jaminan Tunai, dan iB Istishna parallel.

Sementara produk jasa (service) yang ditawarkan Bank Syariah Bukopin yaitu Kartu ATM SiAga, Kartu SiAga , Visa Elektron, SMS Banking, Internet Banking, Phone banking, Save deposit box, Transfer, Kliring, Inkaso, RTGS, Payment point, dan SKBDN iB.

(J008/B012/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010