BPBD bersihkan jalan dari lumpur sisa erupsi Kawah Sileri

BPBD bersihkan jalan dari lumpur sisa erupsi Kawah Sileri

BPBD bersihkan jalan dari lumpur sisa erupsi Kawah Sileri. ANTARA/HO - BPBD Banjarnegara.

Untuk sementara mengimbau masyarakat untuk tidak mendekat
Banjarnegara (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah menerjunkan tim untuk melakukan pembersihan badan jalan dari material lumpur pascaerupsi freatik Kawah Sileri, Kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

"BPBD Banjarnegara pagi ini mengirim tim untuk membersihkan badan jalan di sekitar Kawah Sileri yang tertutup material lumpur pascaerupsi freatik kemarin," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Andri Sulistyo di Banjarnegara, Jumat.

Selain itu, kata dia, tim juga akan melakukan penentuan zona aman dan menyosialisasikan risiko erupsi kepada masyarakat di sekitar lokasi.
Dalam kegiatan tersebut, kata dia, BPBD Banjarnegara akan dibantu oleh tim gabungan dari berbagai unsur terkait.

Sementara itu, dia menambahkan bahwa hingga Jumat siang ini, pihaknya masih mengimbau masyarakat untuk tidak melintas di sekitar lokasi.

"Untuk sementara ini kami juga masih mengimbau masyarakat untuk tidak mendekat terutama dalam radius 500 meter dari bibir kawah," katanya.

Baca juga: PVMBG: Erupsi Kawah Sileri di Dieng bersifat freatik

Baca juga: BPBD Banjarnegara: Tidak ada korban jiwa akibat erupsi Kawah Sileri


Sebelumnya, BPBD Banjarnegara menginformasikan bahwa telah terjadi erupsi dengan jenis erupsi freatik di Kawah Sileri, Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Dia menjelaskan erupsi freatik tersebut terjadi pada Kamis (29/4) pukul 18.25 WIB dengan lontaran material sekitar 400 meter ke arah selatan.

Pada saat ini tim masih melakukan pemantauan guna mengantisipasi adanya bencana susulan.

Selain itu, tim juga telah melakukan pengamanan mengingat jalan di sekitar lokasi kejadian sangat licin akibat material lumpur dan batu yang berasal dari lontaran kawah.

BPBD Banjarnegara, kata dia, mengimbau kepada masyarakat di wilayah setempat untuk tetap waspada dan jangan panik serta jangan mudah mempercayai kabar berita yang belum jelas kebenarannya atau hoaks.
"Warga kami imbau agar selalu waspada namun jangan panik dan jangan mudah percaya berita hoaks atau berita bohong yang belum jelas kebenarannya," katanya.

Dia mengatakan BPBD Banjarnegara akan terus menginformasikan perkembangan situasi terkini kepada masyarakat.

Baca juga: BPBD Banjarnegara: Terjadi erupsi freatik di Kawah Sileri

Baca juga: PVMBG naikkan status Kawah Sileri-Dieng menjadi waspada

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar