Depok  (ANTARA News) - Direktur Power Generation PT General Electric Energy Asia Tenggara, Handry Satriago, meraih gelar doktor dalam bidang ilmu manajemen strategik di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI).

"Penelitian yang saya lakukan adalah membahas mengenai followership dan peran penting dalam proses kepemimpinan," kata Handry, ketika mempertahankan disertasinya yang berjudul Examining The Followers` Influence on Leader`s Performance A "Reverse" Pygmallion Effect, di Auditorium FEUI, Depok, Jumat.

Ia mengatakan, penelitiannya bertujuan untuk memberikan bukti-bukti empiris terhadap peranan dan kemampuan anak buah untuk mempengaruhi kinerja pimpinan.

"Ini membuktikan keberadaan efek pygmalion yang arahnya terbalik dari bawahan ke atasan," jelas Handry saat memaparkan disertasinya di kursi roda.

Sidang terbuka ini diketuai oleh Dekan FEUI, Firmanzah. Sedangkan sebagai promotor adalah Budi W. Wijanto, dan Ko-promotor Avanti Fontana, serta Setyo Hari Wijanto.

Tim penguji diketuai oleh Wagiono Ismangil, dengan anggota Hendrawan Supratikno, Sari Wahyuni, Setio Anggoro Dewo, dan Tirta N. Mursitama.

"Penelitian ini membahas hubungan kompabilitas antara citra ideal seorang leader dan citra aktual yang dilihat oleh follower dengan tingkat persepsi LMX dari bawahan," ujar Handry yang menyelesaikan Masternya di Monash Mt. Eliza Business School, Melbourne, Australia.

Dikatakannya, hasil penelitian ini menunjukkan kompabilitas citra yang dimiliki oleh bawahan terhadap pimpinannya berhubungan positif dengan tingkat persepsi LMX.

Handry yang akan diangkat menjadi Presiden GE Indonesia pada 1 September 2010, mengatakan pada keadaan dimana hubungan ini terjadi, bawahan akan melakukan pengaruh kepada pimpinan yang berharap akan berdampak positif pada kinerja pimpinan dilihat dari perilaku mereka.

Penelitian ini, kata dia, berimplikasi kepada pentingnya perusahaan untuk lebih memberdayakan bawahan mereka agar mempengaruhi pimpinan untuk berkinerja lebih baik.

Sementara itu, Dekan FEUI Firmanzah mengatakan bahwa setelah mempelajari disertasi dan pembelaan dalam disertasi tersebut, serta jawaban-jawaban yang disampaikan maka pihaknya menilai bahwa Handry lulus dengan nilai yudisium yang sangat memuaskan.

"Handry menjadi doktor ke-117 yang telah dihasilkan oleh FEUI dalam ilmu manajemen strategik," ujarnya menambahkan.
(T.F006/S022/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010