Ribuan Orang dari Lima Agama Lakukan Doa Bersama

Bandarlampung (ANTARA News) - Ribuan orang dari berbagai agama mengikuti acara Doa Bersama yang dilaksanakan di Lapangan Korpri, kata Pendeta Deni Sambuaga, Wakil Ketua Publikasi dan Masa, di Bandarlampung, Jumat.

"Ada dua tujuan dalam acara ini, pertama untuk mengangkat kebersamaan antar umat beragama agar tidak terpecah belah, dan kedua untuk meningkatkan mutu iman dari umat Kristiani dan dapat merasakan satu pengalaman rohani," ujarnya.

Menurut Deni peserta yang mengikuti acara doa bersama ini berasal dari sekitar 200 gereja di seluruh Provinsi Lampung, dan sebagian besarnya berasal dari Bandarlampung.

Selain tokoh agama Kristen Protestan, dalam acara Doa Bersama ini juga turut hadir tokoh dari agama lain.

Lima tokoh agama yang hadir dalam acara ini diantaranya Pendeta Petrus Muhdiharjo (tokoh agama Kristen Protestan), Romo Roy (tokoh agama Katolik), Muswardi Tahir (tokoh agama Islam), Darmapala (tokoh agama Budha), I Ketut Sargit (tokoh agama Hindu).

Kelima pimpinan agama tersebut diberikan karangan bungan sebagai simbol kerukunan antar umat beragama di Provinsi Lampung, khususnya di Bandarlampung.

Panitia Doa Bersama menargetkan acara yang diselenggarakan dari sore hingga malam ini dapat dihadiri oleh 15 ribu peserta .

Untuk kenyamanan peserta Doa Bersama yang sakit, panitia juga telah menyediakan tenda khusus untuk orang-orang sakit.

Dalam acara ini, seluruh peserta mendoakan keselamatan umat dan bangsa Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, para gubernur beserta jajarannya, para pejabat negara, dan juga berdoa untuk orang-orang yang sakit.

Selain doa bersama, acara ini juga dimeriahkan dengan pentas tari dan siraman rohani kristiani.

Kegiatan yang telah direncanakan cukup lama itu, diharapkan dapat mengingatkan semua orang bahwa tidak ada yang boleh mengganggu kerukunan antar umat beragama.

Guna kelancaran dan keamanan acara ini, Poltabes menutup beberapa ruas jalan seperti jalan Dr. Warsito yang akan digunakan sebagai pintu jalur bus.

Polda dan Poltabes Bandarlampung mengerahkan 200 personel untuk mengamankan acara tersebut.

Panitia acara ini pun sudah menyiapkan beberapa lokasi untuk dijadikan tempat parkir bagi para peserta.

Diantaranya lokasi disekitar Dinas Pendidikan dan Kantor Pengadilan Negeri Lampung disiapkan untuk parkir sepeda motor.

Lokasi di sepanjang Kantor Polda Lampung hingga Kantor Kejati Lampung disiapkan untuk parkir bus.

Sedangkan untuk parkir VIP disiapkan lokasi di depan Kantor Infokom, samping Kantor Gubernur Lampung. (ANT046/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar