Kuartal I-2021, Laba bersih Bukit Asam tergerus curah hujan tinggi

Kuartal I-2021, Laba bersih Bukit Asam tergerus curah hujan tinggi

Alat berat dioperasikan di aera pertambangan PT Bukit Asam Tbk, Tanjung Enim, Lawang Kidul, Muara Enim, Sumatera Selatan. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pendapatan dan laba menurun karena tidak tercapainya kinerja operasional akibat kondisi hujan cukup tinggi
Jakarta (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (Persero) mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 44,58 persen atau Rp500,51 miliar pada triwulan I-2021 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp903,25 miliar.
 
Direktur Utama Bukit Asam Suryo Eko Hadianto mengatakan penurunan laba bersih tersebut akibat curah hujan tinggi di kawasan tambang sehingga menghambat aktivitas pertambangan.
 
"Pendapatan dan laba menurun karena tidak tercapainya kinerja operasional akibat kondisi hujan cukup tinggi di daerah Tanjung Enim dan sekitarnya," kata Suryo dalam konferensi pers virtual yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Baca juga: RUPST 2021, PTBA miliki jajaran direksi baru
 
Selama kuartal I 2021, Bukit Asam juga mencatatkan volume produksi batu bara 4,5 juta ton. Volume produksi itu lebih kecil ketimbang periode yang sama tahun lalu sebesar 5,5 juta ton.
 
Sementara itu, volume penjualan batu bara perseroan dalam periode yang sama tercatat mencapai 5,9 juta ton atau turun 13,23 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 6,8 juta ton.
 
"Curah hujan tinggi memberatkan operasional tambang karena pasca hujan ada momen slippery, yaitu jeda waktu tunggu 2-4 jam," kata Suryo.

Lebih lanjut, dia optimistis Bukit Asam bisa menorehkan kinerja yang positif pada kuartal II-2021 karena musim kemarau mulai tiba, sehingga perseroan bisa memaksimalkan aktivitas pertambangan batu bara.
 
Berdasarkan laporan keuangan, emiten berkode saham PTBA itu membukukan pendapatan sebesar Rp3,99 triliun pada triwulan I-2021.
 
Perolehan pendapatan tersebut turun 22 persen dibandingkan dengan perolehan periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp5,12 triliun.

Baca juga: PTBA kembangkan proyek peningkatan angkutan batu bara

Baca juga: PTBA siapkan Rp3,8 triliun untuk diversifikasi bisnis batu bara

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Satyagraha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar