Semoga ke depan bisa terus meningkatkan situasi ekonomi yang saat ini tengah terdampak pandemi COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 50 orang anak yatim, piatu, dan dhuafa di lingkungan sekitar Kantor Walikota Jakarta Pusat, Petojo, Tanah Abang, menerima santunan Ramadhan, Jumat sore.

Program santunan ini diinisiasi oleh Koordinatoriat Wartawan Pemkot Jakarta Pusat, yang disaksikan secara langsung oleh Walikota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Ruang Serbaguna Walikota.

Baca juga: PMI Jaktim beri santunan untuk anak yatim-piatu di Cipayung

Dalam sambutannya, Dhany mengapresiasi kegiatan santunan tersebut, apalagi protokol kesehatan diterapkan secara ketat karena pihak penyelenggara tidak mengadakan buka puasa (ifthar) bersama.

"Kita apresiasi luar biasa untuk teman-teman wartawan yang tergabung di Balai Wartawan Kota Administrasi Jakarta Pusat. Semoga ke depan bisa terus meningkatkan situasi ekonomi yang saat ini tengah terdampak pandemi COVID-19," kata Dhany di Ruang Serbaguna Walikota Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Menkes serahkan santunan kematian 11 ahli waris nakes di DKI Jakarta

Dhany pun berharap kegiatan serupa dapat dilakukan kembali, mengingat santunan terhadap warga khususnya di lingkungan Kota Jakarta Pusat, dapat membantu meringankan beban ekonomi di tengah pandemi.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Santunan Ramadhan, Muhammad Subadri, mengatakan program santunan ini terlaksana atas kerja sama wartawan Pemkot Jakarta Pusat serta sejumlah perusahaan swasta dan daerah seperti PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart), PT Eka Bogainti (Hokben), pengelola Pasar Tasik Cideng, dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Menurut Badri, kegiatan santunan itu menunjukkan kepedulian wartawan, perusahaan pendukung, dan Pemkot Jakarta Pusat terhadap perkembangan kondisi masyarakat saat ini.

Baca juga: Pemkot Jakut salurkan santunan wafat akibat COVID-19 kepada ASN

Setelah lebih dari setahun dilanda pandemi COVID-19, aktivitas masyarakat menjadi terbatas, perputaran roda perekonomian juga tidak seperti kondisi normal.

"Pandemi COVID-19 membuat ekonomi sebagian besar masyarakat semakin sulit. Semakin tertekan. Karena itu, butuh perhatian dan dukungan untuk membantu mereka. Apalagi, Ramadhan merupakan momentum yang baik untuk berbagi," kata dia.

Dalam acara tersebut, Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya, Retriantina, menjelaskan, santunan tersebut merupakan hasil donasi dari uang kembalian para pelanggan yang sengaja disisihkan untuk keperluan sosial, salah satunya pada acara bakti sosial Ramadhan ini.

"Selama ini sering kita jumpai kasir di Alfamart menanyakan apakah ingin mendonasikan uang kembalian barang 100 atau 200 rupiah. Nah kembalian itu kita manfaatkan untuk kegiatan-kegiatan sosial seperti ini," kata dia.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021