Menaker: Banyak inisiatif pemerintah tingkatkan kesejahteraan buruh

Menaker: Banyak inisiatif pemerintah tingkatkan kesejahteraan buruh

Tangkapan layar dari Menaker Ida Fauziyah saat memberikan pernyataan virtual terkait Hari Buruh 2021 di Jakarta, Jumat (30/4/2021) (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan beberapa langkan dan inisiatif yang sudah diambil pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, termasuk bantuan subsidi upah (BSU) dan berbagai program peningkatan kompetensi.

"Ada banyak inisiatif yang diambil oleh pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, antara lain BSU yang diberikan pemerintah kepada pekerja terdampak COVID-19," kata Menaker dalam pernyataan resmi Hari Buruh 2021 yang disampaikan via virtual di Jakarta, Jumat malam.

Selain itu, katanya, terdapat pula berbagai program lain yang sudah, sedang dan terus dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) untuk menangani dampak pandemi COVID-19, seperti pelatihan vokasi dengan metode blended training atau pelatihan campuran, pemagangan di industri, pelatihan peningkatan produktivitas bagi tenaga kerja, sertifikasi kompetensi dan penempatan tenaga kerja dalam negeri.

Terdapat pula langkah penempatan tenaga kerja luar negeri, pelatihan wirausaha baru, inkubasi bisnis, padat karya dan gerakan pekerja sehat.

Menjelang Idul Fitri, Kemnaker juga memastikan mengeluarkan kebijakan terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) keagamaan kepada pekerja dan buruh yang harus diberikan secara penuh.

Ida berharap stimulus tersebut akan dapat menggerakkan konsumsi masyarakat yang akan berdampak pula pada kinerja berbagai perusahaan.

"Kita tidak akan berhenti di sini. Inisiatif lainnya akan terus saya dorong untuk segera dilaksanakan. May Day tahun ini menjadi istimewa karena ini adalah perayaan atas harapan," kata Menaker Ida.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Buruh Palembang peringati Hari Buruh dengan Vaksinasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar