PP KBI gandeng komunitas akademik gelar grading sabuk hitam

PP KBI gandeng komunitas akademik gelar grading sabuk hitam

Foto arsip - Dua petarung kickboxing saling melepaskan pukulan saat kejuaraan kickboxing Amatir se-Jawa dan Bali di Padepokan Mayang Sunda, Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/2). Kejuaraan yang diikuti 150 petarung dari 30 sasana se Jawa dan Bali tersebut merupakan bagian dari sosialisasi pada masyarakat cabang olahraga baru jenis bela diri dan pencarian bibit atlet yang nantinya dibina menjadi atlet profesional Jawa Barat. ANTARA JABAR/M Agung Rajasa

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Kick Boxing Indonesia (PP KBI) bekerja sama dengan Universitas Bhayangkara Jakarta menggelar grading sabuk hitam dan Coaching Clinic Kickboxing Tingkat Nasional 2021 sebagai bagian program pembinaan dan pengembangan potensi pelatih, wasit, dan juri.

Ketua panitia Rossi Nurasjati mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit baru pelatih yang berkualitas.

"Selain untuk lebih mengembangkan dan mempopulerkan cabang olahraga 'kickboxing', PP KBI dan Universitas Bhayangkara ingin mencetak bibit-bibit baru pelatih berkualitas," kata Rossi dalam  keterangan resmi PP KBI, Jumat.

Kegiatan ini akan berlangsung pada 3-6 Juni dan pembukaan pendaftaran dimulai 28 Mei. Mengingat penerapan protokol kesehatan, peserta dibatasi hanya 100 orang, namun tidak menutup kemungkinan ada gelombang kedua jika peserta membludak.

Baca juga: Tim DKI dominasi seleksi timnas kickboxing untuk SEA Games 2021

Untuk kegiatan grading atau kenaikan Dan serta coaching Clinic kali ini PP KBI akan menghadirkan penguji sekaligus mentor Kickboxing yang mumpuni.

Rossi menuturkan, kegiatan ini menjadi ruang untuk berdiskusi bagi calon pelatih bersama para Master Kickboxing Indonesia.

"Harapannya bisa melahirkan standarisasi teknik. Sehingga pembinaan atlet kickboxing memiliki panduan ilmiah yang sesuai kaidah keilmuan olahraga," kata Rossi.

Sebagai cabang olahraga baru, kickboxing dinilai semakin digandrungi masyarakat. Kickboxing juga sudah ditandingkan di berbagai ajang olahraga, baik yang bersifat single event maupun multievent antara lain, SEA Games, Asian Indoor & Martial Art Games, 5th Islamic Solidarity Games. Dan pada 2021 ini kickboxing disiapkan sebagai eksebisi PON Papua.

Prestasi atlet Kickboxing Indonesia juga cukup membanggakan, antara lain meraih dua medali perak dan enam perunggu pada SEA Games 2019 di Filipina. Meskipun induk cabor baru, namun para kickboxer Indonesia sudah mampu bersaing di pentas olahraga Asia Tenggara.

Baca juga: Dua petarung muda raih kemenangan pada debut kickboxing

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar