Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum Daerah Khusus Ibukota Jakarta (PAM Jaya) mendirikan fasilitas cuci umum dan air minum dengan harga terjangkau untuk warga RW 09 dan 02 Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat.

"Kapasitas disini ada dua tandon, yang satu berkapasitas 4.000 liter untuk air minum, warga dapat membeli hanya dengan Rp400 per jerigen. Lalu satu lagi berkapasitas 2.000 liter di khususkan untuk mencuci baju gratis. Airnya nanti PAM Jaya yang menyuplai," kata Direktur Pelayanan PAM Jaya, Syahrul dalam keterangan tertulisnya, Jumat.

Syahrul juga mengatakan pihaknya sangat terbuka dan menyambut baik apabila ada warga yang ingin menyampaikan saran dan masukan terkait pembangunan fasilitas tersebut.

Camat Kalideres Naman Setiawan mengatakan serah terima telah dilakukan dan ke depannya pengelolaan dan pemeliharaan akan dilakukan oleh warga masyarakat.

"Saya apresiasi dan terima kasih kepada PAM Jaya yang sudah peduli dengan kami, khususnya di warga di RW 09 dan RW 02 yang tepat berada di sisi Kali Maja ini sangat bermanfaat," tutur Naman.

Baca juga: PAM Jaya siapkan lima langkah agar air perpipaan 100 persen di DKI
Baca juga: PAM Jaya sediakan kios air 4.000 liter untuk warga RW 02 Pegadungan


Beberapa bulan lalu, jajarannya telah menyosialisasi ke masyarakat tentang pemanfaatan air yang lebih baik. Pihaknya pun kerap melakukan penertiban tempat cuci liar di bantaran kali.

"Namun sekarang sudah tidak ada. Kami ingin warga kami sehat dan mendapatkan air yang baik, sehingga kami ajukan ini ke PAM Jaya," katanya.

Warga pun mengaku sangat senang dan mengapresiasi bantuan CSR dari PAM Jaya tersebut.

Echi (46) warga RT 07/09 mengaku senang dengan adanya fasilitas cuci umum ini, ia mengaku selama ini ia dan warga lain kerap mencuci baju di kali.

"Fasilitas umum ini bersih dan nyaman, hanya saja kami meminta lebih di lebarkan lagi tempat pencucian bajunya, karena banyak warga yang mencuci di sini tidak muat," tuturnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021