Merek lokal diminta perhatikan tren fesyen global

Merek lokal diminta perhatikan tren fesyen global

Ivan dan Jessica sepakat mengembangkan brand tas kulit lokal yang mendunia (Rounn)

saat ini pasar khususnya segmen anak muda cenderung menyukai produk yang unik, inovatif, dan tidak biasa maka produk lokal harus mampu memenuhi keinginan pasar tersebut
Jakarta (ANTARA) - Merek lokal diminta untuk selalu memperhatikan tren fesyen global sehingga mampu berkompetisi dalam industri fesyen dan ritel pasar internasional bahkan di tengan pandemi COVID-19.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam keterangannya, Jumat, mengatakan pentingnya merek produk lokal untuk memperhatikan permintaan pasar.

“Kalau saya suka produk buatan lokal, saya menggunakan sehari-hari ada dua merek sepatu buatan Bandung. Wah itu enggak kalah dengan produk luar harganya juga miring jadi terbelilah oleh kantong MenkopUKM,” katanya.

Menurut dia, saat ini pasar khususnya segmen anak muda cenderung menyukai produk yang unik, inovatif, dan tidak biasa maka produk lokal harus mampu memenuhi keinginan pasar tersebut.

Di sisi lain tak bisa dipungkiri pandemi membawa imbas terhadap industri fesyen dan retail secara global termasuk usaha sepatu lokal.

Merespons hal itu, salah satu produsen tas kulit merek lokal ROUNN menggunakan inovasi sebagai kunci untuk menyelamatkan eksistensinya.

Creative Director yang juga founder ROUNN Jessica Ariella bersama Ivan Tiono merintis usaha sejak 2014.

“Perjalanan kami dimulai 6 tahun lalu saat munculnya kebutuhan memiliki tas custom yang tidak sama dengan orang lain. Kami menyediakan layanan custom seperti pemilihan warna dan inisial nama pada produk pesanan pelanggan, yang akhirnya menjadi personal signature hingga kini, yang tentunya memiliki design dengan nafas klasik dan unik,” kata Jessica.

Strategi tersebut ternyata mampu menjaring banyak pelanggan baik dari dalam negeri sampai membuka pintu masuk ke ranah internasional seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, Australia, UAE, Lebanon, Italia, Inggris, dan Amerika.

Berpegang pada misi untuk memberikan kualitas yang setara dengan produk internasional, Ivan dan Jessica menerapkan berbagai inovasi tidak hanya pada pengembangan produk, juga pada strategi pemasaran, mulai dari pengembangan sarana penjualan digital hingga strategi berkomunikasi dengan para pelanggan.

ROUNN kini telah menjelma menjadi Brand lokal yang sangat digandrungi oleh para penggiat fashion, khususnya di kota - kota besar.

Selain memproduksi tas, ROUNN juga menyediakan berbagai aksesoris penunjang penampilan wanita lainnya seperti dompet, keychain, lanyard yang trendy dan stylish. Ada pula koleksi sepatu baik untuk pria dan wanita.

Merek tersebut juga banyak menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan produknya termasuk yang terbaru adalah artis Nagita Slavina.

Baca juga: Sandiaga ajak masyarakat belanja brand lokal
Baca juga: Kemenkop UKM: Transaksi belanja online tumbuh 26 persen selama pandemi
Baca juga: Sejumlah perusahaan pionir RI ungkap rahasia umur panjang sebuah merek

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Memanjakan diri lewat pesona The Kaldera Toba

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar