Tips syuting film dengan ponsel ala Joko Anwar

Tips syuting film dengan ponsel ala Joko Anwar

Sutradara Joko Anwar berbagi tips syuting film dengan ponsel vivo. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Sutradara film Joko Anwar, salah seorang vivo X-Figure, berbagi inspirasi bagaimana dia menggunakan ponsel X60 Series 5G untuk mengambil gambar.

"Teknologi smartphone dengan kamera canggih seperti vivo X60 Pro 5G sangat membantu eksplorasi dan penuangan ide-ide saya dalam membuat film," kata Joko, dalam keterangan pers, dikutip Sabtu.

Joko melihat berbagai fitur yang ada di ponsel bisa dimanfaatkan untuk syuting, baik untuk vlog maupun film pendek.

Baca juga: Vivo siapkan promo lebaran "Lihat Lebih Terang"

Baca juga: Garuda Indonesia larang sementara angkut ponsel vivo


Ketika ingin membuat film pendek dengan ponsel, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan ide cerita, skenario yang menarik dan unik untuk diproduksi. Joko menyarankan untuk mencari referensi gambar, video dan moodboard untuk dituangkan ke dalam storyboard.

Joko memberikan contoh tema yang bisa diangkat selama bulan Ramadhan ini, seperti momen berbukap puasa dan kebersamaan saat Hari Raya Idul Fitri.

Kedua, kenali lokasi pengambilan gambar untuk menentukan kamera, alat dan fitur yang tepat untuk syuting. Misalnya ketika merekam adegan berlari, manfaatkan fitur Gimbal Stabilization di vivo X60 Pro 5G agar gambar tidak buram walaupun objek bergerak.

Atau ketika ingin mengambil foto objek yang bergerak, nyalakan fitur Pro Sport Mode.

Agar rangkaian cerita dalam film pendek beragam, usahakan mengambil gambar di berbagai suasana dan waktu, termasuk malam hari.

Ketika mengambil gambar di malam hari, nyalakan mode malam seperti Ultra-Wide Night Mode dan HDR Super Night Portrait agar gambar jernih meski pun dalam kondisi cahaya redup.

Menurut Joko, ponsel pintar kini membantu penggunanya untuk menuangkan ide cerita sampai mengambil gambar ketika membuat vlog dan film pendek.

Baca juga: "Perempuan Tanah Jahanam" jadi wakil Indonesia di Oscar 2021

Baca juga: Borong nominasi Piala Citra, Joko Anwar ungkap misi berkarya

Baca juga: Joko Anwar pertanyakan unggahan Menteri Tjahjo Kumolo soal tautan film

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bu Tejo viral, ini alasannya kata Pengamat Sosial UI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar