Seniman Mr D sambut Hardiknas dengan pameran lukisan sketsa virtual

Seniman Mr D sambut Hardiknas dengan pameran lukisan sketsa virtual

Salah satu karya lukisan Mr D yang akan dipajang dalam pameran virtual dalam rangkaian Hardiknas 2021. ANTARA /HO Mr D/AM.

Surabaya (ANTARA) - Seniman yang juga musisi gitar Doddy Hernanto atau yang akrab dipanggil Mr D menggelar pameran lukisan sketsa secara virtual pada Minggu (2/5), untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dirayakan setiap tanggal 2 Mei.

"Hardiknas kali ini tetap diperingati di tengah pandemi COVID-19 seperti tahun lalu. Tidak ada pilihan lain, pendidikan Indonesia telah memasuki era baru yang mengandalkan teknologi internet, suka atau tidak, masalah rasa dalam pengajaran tidak bisa digantikan, dan kini pasti mengandalkan mesin pencari, yaitu google," kata Mr D dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu.

Baca juga: Musisi Mr D ajak warga tenang hadapi COVID-19 melalui Album Alphabetic

Baca juga: Doddy Hernanto perkenalkan "gitar gawai" di Lombok


Ia menjelaskan dalam pameran itu, pria kelahiran Mojokerto, Jatim dan sudah mendunia dengan karya gitarnya itu akan menampilkan 348 karya lukis sketsa yang menggambarkan tema-tema pendidikan.

Tema lain, seperti infrastruktur sekolah, kemampuan guru mengajar dalam jaringan (daring), serta ketersediaan ponsel pintar yang memadai untuk menjalankan aplikasi belajar daring juga menjadi perhatian dalam setiap goresan sketsanya.

"Saat ini para guru dan siswa semakin akrab dengan google dan menggunakan teknologi aplikasi untuk belajar jarak jauh. Sebut saja, Whatsapp Group, Zoom Cloud Meeting, Google Classroom, Google Form, dan e-mail. Para guru dan siswa memanfaatkan berbagai layanan itu sesuai dengan kondisi masing-masing," katanya.

Ada juga lukisan sketsa Ki Hajar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889 dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, dan telah ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959 tertanggal 28 November 1959.

"Inspirasi tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam pemeran, seperti alm ayah saya yang meninggal pas tanggal 2 Mei, sama seperti Ki Hajar Dewantara lahir. Kemudian Leonardo Da Vinci dan meninggalnya tokoh yang mempengaruhi perjalanan hidup saya yakni Pak Jim. Jadi saya terinspirasi ini tidak ada yang kebetulan," katanya.

Baca juga: Gitaris Mr D kampanyekan penyelamatan banteng Jawa

Sementara itu, Mr D yang juga menjabat sebagai Duta Satwa Liar Indonesia itu mengatakan pameran sketsa bergerak lukisan ini, digelar seperti tahun lalu, yakni bisa disaksikan di akun Instagram (IG) https://instagram.com/sketsabergerak?r=nametag mulai Minggu (2/5) serta menggunakan media terverifikasi untuk share beberapa karya tentang hari Pendidikan Nasional.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Doddy Samsura, sukses dari meracik kopi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar