Hari Buruh momentum perkuat program kesejahteraan pekerja

Hari Buruh momentum perkuat program kesejahteraan pekerja

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kaos hitam) saat membagikan paket sembako untuk para buruh di Rusunawa Kudu, Kota Semarang, pada peringatan Hari Buruh, Jumat (1/5/2020). ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng/am.

Pekerja merupakan elemen penting dalam menggerakkan roda ekonomi..
Purwokerto (ANTARA) - Pengamat kebijakan publik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Jawa Tengah, Dr. Slamet Rosyadi mengatakan Hari Buruh Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 1 Mei merupakan momentum untuk makin memperkuat program kesejahteraan bagi pekerja.

"Ini momentum untuk makin memperkuat program kesejahteraan bagi pekerja sekaligus makin meningkatkan lagi kualitas kebijakan bagi pekerja," kata Slamet Rosyadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Sabtu.

Dia mengatakan para pekerja merupakan elemen yang sangat penting dalam sektor ekonomi dan bisnis. "Pekerja merupakan elemen penting dalam menggerakkan roda ekonomi dan bisnis sehingga upaya untuk memperkuat program kesejahteraan harus terus dilakukan dengan diiringi program peningkatan kompetensi bagi pekerja," katanya.
Baca juga: Presiden: Buruh adalah aset besar bangsa

Sementara itu, Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dr. Yudhi Wibowo menambahkan bahwa peringatan Hari Buruh menjadi momentum yang tepat untuk memperluas cakupan vaksinasi COVID-19 bagi para pekerja.

"Upaya pemerintah yang telah membuat program vaksinasi bagi pekerja patut didukung dan diapresiasi sebagai bentuk upaya untuk mengakselerasi dan memperluas cakupan vaksinasi," kata Yudhi Wibowo.

Dia mengatakan program vaksinasi memang harus dipercepat dan diperluas cakupannya guna mempercepat capaian target kekebalan kelompok atau "herd immunity".
Baca juga: Menaker: Program vaksinasi perkuat kesehatan dan pelindungan pekerja

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan program vaksinasi bagi pekerja diharapkan dapat memperkuat kesehatan dan pelindungan bagi para pekerja dalam menjalankan aktivitasnya.

"Jadi dengan adanya program vaksinasi bagi pekerja ini diharapkan dapat memperkuat kesehatan dan pelindungan pekerja sekaligus menekan semaksimal mungkin penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja," kata Ida Fauziyah.

Dengan diadakannya vaksinasi bagi pekerja industri maupun sektor pelayanan publik itu, maka diharapkan para pekerja dapat beraktivitas kembali secara normal dan sehat.

Baca juga: Menko PMK nyatakan buruh dapat prioritas divaksin COVID-19

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Buruh Palembang peringati Hari Buruh dengan Vaksinasi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar