Jakarta (ANTARA) - Tim eNational Squad Indonesia tampil sebagai runner up final winner bracket FIFA eNations Online Qualifiers 2021 Zona Asia dan Oceania setelah kalah melawan Jepang.

Meski demikian, Indonesia sebagai runner up mengamankan tiket mewakili Asia & Oceania untuk melaju ke FIFAe Nations Cup 2021 yang akan digelar di Kopenhagen, Denmark, 20-22 Agustus mendatang.

Dikutip dari laman resmi PSSI, tim Indonesia yang diwakili Moehamad Zulisar yang bermain pada Play Station dan Fahmi Husaeni bermain pada Xbox bertanding secara online di Hotel Ibis Slipi, Jakarta, Sabtu.

Moehamad Zulisar yang bermain pada Play Station tertinggal 2 gol pada babak pertama, sementara pada babak kedua Zulisar mengatur ulang strategi dan berhasil menciptakan satu gol untuk Indonesia.

Sayang, pertandingan harus berakhir 1-2 untuk keunggulan Jepang.

Pada pertandingan kedua, Fahmi Husaeni yang bermain pada Xbox juga menelan kekalahan 1-3 dari Jepang.

Kekalahan tersebut menghentikan rekor tak terkalahkan Fahmi sepanjang gelaran FIFAe Nations Online Qualifiers 2021 Zona Asia dan Oceania.

Baca juga: Indonesia lolos final FIFAe Nations Series 2021

Meskipun kalah pada babak final FIFAe Nations Online Qualifiers 2021, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pemain yang telah berjuang dengan baik untuk Indonesia sepanjang turnamen dan menjadi nomor dua regional.

"Saya sangat mengapresiasi perjuangan Fahmi dan Zulisar di turnamen ini. Mereka sudah tampil dengan baik, cuma belum beruntung saja di babak final," kata dia.

"Dan yang terpenting adalah mereka berhasil membawa Indonesia lolos ke FIFAe Nations Cup yang akan digelar di Denmark nanti. Ini adalah awal yang sangat bagus bagi masa depan eNational Squad Indonesia," tambah Iwan Bule, sapaan akrabnya.

Sebagai penanggung jawab eNational Squad Indonesia, Wakil Sekjen PSSI Maaike Ira Puspita juga menyatakan bangga kepada hasil yang diperoleh Fahmi dan Zulisar.

"Terima kasih untuk Zulisar dan Fahmi yang telah berjuang dengan baik hingga hari ini. Bangga sekali melihat mereka sebagai eNational Squad pertama Indonesia bisa menjadi runner up zona Asia dan Oceania dan lolos ke Denmark. Semoga di Denmark nanti kita bisa meraih prestasi," kata Maaike.

Sementara itu, Fahmi Husaeni dan Moehamad Zulisar mengaku cukup puas dan bersyukur dengan capaian mereka dalam FIFAe Nations Online Qualifiers 2021.

"Alhamdulillah kita lolos ke FIFAe Nations Cup dan jadi runner up di regional. Kami akan terus berlatih dan mengasah kemampuan kami agar bisa tampil lebih baik lagi di Denmark nanti," kata Fahmi dan Zulisar kompak.

Baca juga: Indonesia urutan dua laga perdana FIFAe Nations Online Qualifiers

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021