Jakarta (ANTARA) - George Russell akan berburu poin pertama untuk tim Williams di Grand Prix Portugal akhir pekan ini setelah penampilan cepat dalam kualifikasi, Sabtu, menempatkannya pada posisi start ke-11.

"Kami sangat cepat di latihan dan sempat kewalahan sejak itu," kata Russell seperti dikutip laman resmi F1.

"Dalam kualifikasi, semuanya hidup kembali. Saya sangat percaya diri dan melakukan tugas dengan fantastis untuk mengamankan posisi ke-11 dalam kualifikasi- hasil terbaik kami dalam tiga tahun terakhir pada Sabtu - jadi saya sangat senang."

Russell akan berada pada posisi terbaik di luar sepuluh besar di antara mereka yang memakai ban medium, saat sejumlah mobil di depannya bakal memulai balapan dengan ban soft.

Baca juga: Bottas gagalkan upaya Hamilton raih pole position ke-100 di Portugal

Hal itu memberi Russell secercah harapan untuk membalas kekecewaannya di Imola ketika bertabrakan dengan Valtteri Bottas.

"Kami akan menggunakan ban medium besok. Rival-rival yang ada di depan akan memakai soft, bukan ban yang baik untuk balapan. Jadi kami berada pada posisi yang baik."

Sirkuit Algarve merupakan trek yang memungkinkan banyak terjadi overtaking, tetapi Russell cukup percaya diri dengan kecepatan mobil Williams dalam  lintasan lurus kali ini.

"Kami memiliki kecepatan di lintasan lurus. Para pebalap di belakang kami akan sangat kesulitan untuk menyalip, jadi waspada dan serangan maksimal."

Russell mempertahankan rekor tak pernah dikalahkan oleh rekan satu timnya di Williams dalam 40 babak kualifikasi, saat Nicholas Latifi finis P18 hari ini.

Baca juga: Alonso, Ocon prediksi pertarungan ketat di Portimao

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021