Liga Inggris

Aston Villa pecundangi Everton di Goodison Park

Aston Villa pecundangi Everton di Goodison Park

Pemain sayap Aston Villa Anwar El Ghazi (kiri) melakukan selebrasi bersama John McGinn seusai menjebol gawang Everton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Sabtu (1/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Michael Regan)

Jakarta (ANTARA) - Aston Villa mempecundangi Everton 2-1 di Stadion Goodison Park, Liverpool, dalam laga pekan ke-34 Liga Inggris yang berlangsung Sabtu waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Anwar El Ghazi mengunci kemenangan Villa setelah keunggulan mereka lewat Ollie Watkins sempat dibalas  Everton melalui Dominic Calvert-Lewin.

Kemenangan pertama Villa dalam empat pertandingan terakhir menghidupkan kembali asa mereka meraih tiket kualifikasi kompetisi Eropa.

Tim besutan Dean Smith itu naik ke urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 48 poin, tertinggal empat poin persis di bawah Everton dan hanya lima poin dari Tottenham Hotspur pada urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Blunder Bernd Leno pastikan Everton bawa tiga poin dari markas Arsenal

Villa membuka keunggulan atas tuan rumah pada menit ke-13 memanfaatkan blunder Mason Holgate membuat Watkins merebut bola dan mengakhirnya dengan tembakan keras yang tak mampu dihentikan kiper Jordan Pickford.

Sayang keunggulan itu tak bertahan lama karena enam menit kemudian Calvert-Lewin berjaga di area tiang jauh untuk menyambut sepak pojok kiriman Lucas Digne dengan tandukan tajam mengubur bola ke gawang Villa.

Keunggulan hampir kembali diamankan Villa pada menit ke-31 jika saja tandukan Watkins tak dimentahkan Pickford dan bola muntah yang disambar El Ghazi tidak membentur mistar gawang.

Enam menit berselang, peluang lain diciptakan oleh Ross Barkley yang hampir mencetak gol ke bekas timnya, sayang tembakannya yang sudah tak terjangkau Pickford membentur tiang gawang.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum dan Villa tampil lebih mendominasi permainan pada babak kedua.

Baca juga: Gol larut Keinan Davis buyarkan kemenangan West Brom kontra Villa

Everton yang berusaha keluar dari tekanan hampir berbalik memimpin pada menit ke-75 namun tembakan Gylfi Sigurdsson menghantam lengan kiper Emiliano Martinez. Bila bola melesak ke dalam gawang, gol itu akan dianulir sebab Seamus Coleman sudah divonis melanggar El Ghazi dalam proses serangan.

Lima menit kemudian, Villa akhirnya merestorasi keunggulan saat El Ghazi dengan dingin menyelesaikan umpan Bertrand Traore dengan tembakan melengkung yang melesak ke area tiang jauh.

Keunggulan Villa itu bertahan hingga bubaran dan membuat asa Everton ke Eropa terancam menguap karena tim besutan Carlo Ancelotti itu tak pernah menang dalam empat laga kandang terakhirnya.

Selanjutnya kedua tim akan bermain Minggu pekan depan di mana Villa menjamu Manchester United di Villa Park, sedangkan Everton melawat ke Stadion Olimpiade London menghadapi West Ham United.

Baca juga: Dua gol Kai Havertz bawa Chelsea bungkam Fulham
Baca juga: Brighton kembali ke jalur kemenangan demi jauhi ancaman degradasi
Baca juga: City samai rekor kemenangan tandang beruntun selepas bungkam Palace

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar