Jakarta (ANTARA) - Dua mantan juara dunia asal Inggris, Mark Selby dan Shaun Murphy, akan bertemu dalam final Kejuaraan Dunia Snooker 2021 setelah melewati semifinal yang sulit di Crucible Theatre, Sheffield, Inggris Sabtu malam (Minggu WIB).

Seperti dilaporkan BBC, Selby mengalahkan Stuart Bingham 17-15 dalam pertandingan yang dihentikan sementara ketika Selby memimpin 16-15 pada Sabtu siang. Lanjutan satu frame yang dimainkan malam hari akhirnya dimenangi Selby sekaligus memastikan tampil di final untuk kelima kalinya.

Selby memecah kebuntuan ketika pertandingan dilanjutkan melalui sebuah plant shoot yang membuat posisi sulit bagi lawan. Bingham pun kemudian melakukan beberapa pelanggaran yang membuat Selby unggul.

Selby, juara dunia tiga kali, kemudian melaju ke posisi pink untuk melengkapi kemenangan 17-15.

Baca juga: Ronnie O'Sullivan sabet gelar juara dunia snooker keenam kalinya

Pada partai semi final sebelumnya, Murphy, juara dunia 2005, mengalahkan Wilson 17-12 dalam kontes sesama pemain Inggris. Murphy sebelumnya sempat tertinggal 4-10 dalam pertandingan mencari yang terbaik dalam 33 frame itu.

Murphy, yang memenangi tiga babak terakhir sesi pagi untuk menyamakan kedudukan pada 12-12, tak terbendung di malam hari. Ia memenangi empat frame secara beruntun untuk mengunci kemenangan 16-12.

Partai final antara Mark Selby dan Shaun Murphy dijadwalkan berlangsung Minggu dan Senin waktu setempat dengan memainkan 35 frame.

Kejuaraan dunia Snooker 2021 berlangsung di Crucible Theatre di Sheffield dari 17 April hingga 3 Mei.

Turnamen ini telah dihadiri para penonton sebagai bagian dari program percontohan pemerintah menyusul pelonggaran pembatasan lockdown di Inggris terkait dengan pandemi Covid-19.

Kejuaraan Snooker Dunia ini menampilkan 32 pemain profesional yang bersaing dalam pertandingan snooker satu lawan satu dalam format eliminasi tunggal, setiap pertandingan dimainkan dalam sejumlah frame.

32 pemain untuk ajang bergengsi ini dipilih melalui campuran peringkat dunia snooker dan babak kualifikasi pra-turnamen.





 

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021