Jakarta (ANTARA) - Liverpool berpeluang membantu Manchester City secara resmi dinobatkan menjadi juara Liga Inggris musim 2020/21, apabila The Reds mampu memetik kemenangan di kandang musuh bebuyutannya Manchester United di Old Trafford dalam rangkaian laga pekan ke-34 Minggu malam nanti.

City yang main sehari lebih awal mampu mengalahkan Crystal Palace dengan skor 2-0 dalam lawatan ke Selhurst Park, London, Sabtu malam tadi.

Kemenangan yang diwarnai gol ke-182 Aguero di Liga Inggris itu membuat City semakin mantap menduduki puncak klasemen dengan koleksi 80 poin atau unggul 13 poin dari MU di posisi kedua.

Dengan demikian, apabila Liverpool bisa memetik kemenangan perdana mereka di Old Trafford sepanjang tenor kepelatihan Juergen Klopp, maka mereka akan membantu City mengunci gelar juara Liga Inggris secara resmi.

Tentunya, Liverpool juga berambisi untuk menang di Old Trafford dalam upaya menjaga asa mereka menembus empat besar klasemen dan meraih tiket Liga Champions musim depan.

Baca juga: Guardiola sanjung tinggi penampilan Aguero saat kalahkan Palace
Baca juga: Tuchel puas sikap Kai Havertz saat Chelsea kalahkan Fulham


Peluang itu perlahan mulai menguap sebab Chelsea semakin mencengkeram peringkat keempat klasemen setelah menang atas Fulham dengan skor 2-0 di Stamford Brigde, Minggu dini hari tadi.

Dua gol Kai Havertz membuat anak-anak asuh Thomas Tuchel mengumpulkan 61 poin atau unggul enam poin atas West Ham United dan tujuh poin dari Liverpool.

Sementara itu, Everton agaknya semakin tertular dengan sindrom tren buruk di kandang sendiri setelah dipecundangi Aston Villa 1-2 di Goodison Park pada Minggu dini hari tadi.

Kekalahan kandang kedelapan musim ini tersebut membuat Everton tak beranjak dari urutan kedelapan dengan 52 poin, sedangkan Villa menempel ketat persis di bawah mereka hanya tertinggal empat poin.

Baca juga: Aston Villa pecundangi Everton di Goodison Park
Baca juga: Brighton kembali ke jalur kemenangan demi jauhi ancaman degradasi

Brighton & Hove Albion sukses menjauhi zona merah di papan bawah klasemen Liga Inggris, seusai kembali ke jalur kemenangan dengan menundukkan Leeds United 2-0 di Stadion Amex, Sabtu malam tadi.

Tiga poin perdana dalam lima laga membuat Brighton naik ke urutan ke-14 klasemen dengan koleksi 37 poin, melebarkan jarak aman dari zona degradasi menjadi 10 poin.

Selain laga MU vs Liverpool, dua pertandingan pekan ke-34 lainnya akan dimainkan pada Minggu malam nanti hingga Senin dini hari WIB.

Newcastle United yang kini ada di urutan ke-17 tentunya berambisi mengikuti jejak Brighton menjauhkan diri dari zona degradasi ketika menjamu Arsenal di St. James' Park.

Sementara itu pada Senin dini hari WIB, Tottenham Hotspur akan menjamu tim juru kunci klasemen Sheffield United dengan kesempatan naik ke posisi kelima, terlebih jika Liverpool kembali gagal menang di Old Trafford.

Baca juga: Norwich juara divisi dua Inggris sekaligus tutup slot playoff promosi
Baca juga: Manchester City boyong talenta muda Argentina dari Estudiantes


Berikut jadwal dan hasil Liga Inggris pekan ke-34 (tuan rumah disebut pertama, dalam WIB):

Sabtu (1/5) dini hari
Southampton 1 - Leicester City 1 (James Ward-Prowse p-61'; Jonny Evans 68')

Sabtu (1/5) malam s.d. Minggu (2/5) dini hari
Crystal Palace 0 - Manchester City 2 (Sergio Aguero 57', Ferran Torres 59')
Brighton & Hove Albion 2 - Leeds United 0 (Pascal Gross p-14', Danny Welbeck 79')
Chelsea 2 - Fulham 0 (Kai Havertz 10', 49')
Everton 1 - Aston Villa 2 (Dominic Calvert-Lewin 19'; Ollie Watkins 13', Anwat El Ghazi 80')

Minggu (2/5) malam s.d. Senin (3/5) dini hari
20.00 Newcastle United vs Arsenal
22.30 Manchester United vs Liverpool
01.15 Tottenham Hotspur vs Sheffield United

Selasa (4/5) dini hari
00.00 West Bromwich Albion vs Wolverhampton
02.15 Burnley vs West Ham United

Klasemen Liga Inggris

Keterangan:
[G-UCL]: sudah memastikan tiket fase grup Liga Champions
[D]: sudah dipastikan terdegradasi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021