Liga Italia

Klasemen Liga Italia: Inter resmi scudetto jika Atalanta gagal menang

Klasemen Liga Italia: Inter resmi scudetto jika Atalanta gagal menang

Bek sayap Inter Milan Achraf Hakimi (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Crotone dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Ezio Scida, Crotone, Italia, Sabtu (1/5/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Ciro de Luca)

Jakarta (ANTARA) - Inter Milan akan secara resmi menyabet gelar scudetto atau juara Liga Italia musim ini jika Atalanta gagal meraih kemenangan dalam rangkaian laga pekan ke-34 di markas Sassuolo pada Minggu malam ini.

Inter yang main sehari lebih awal berhasil mempecundangi tim juru kunci Crotone dengan skor 2-0 di Ezio Scida pada Minggu dini hari tadi.

Kendati kemenangan itu belum secara resmi membuat Inter scudetto, tetapi hasil tersebut memastikan dua hal.

Pertama, Inter mengirim Crotone terdegradasi ke Serie B untuk musim depan, sebab dengan raihan 18 poin saat ini tim juru kunci tersebut paling banyak hanya bisa mengumpulkan 30 poin di sisa empat pertandingan, yang mana tidak cukup untuk keluar dari zona degradasi.

Kedua, Inter meruntuhkan dinasti Juventus yang sembilan musim terakhir mendominasi gelar scudetto. Sebab peluang Si Nyonya Tua juara sudah tidak ada, sama halnya dengan Napoli dan AC Milan, yang musim ini secara optimal hanya meraih 81 poin atau satu poin lebih sedikit dari total raihan sementara Inter.

Baca juga: Conte sumringah, selangkah lagi buat catatan bersejarah untuk Inter

Satu-satunya tim yang berpeluang menjegal gelar scudetto Inter adalah Atalanta, yang tertinggal 14 poin.

Namun bila Atalanta gagal menang melawan Sassuolo di Stadion Mapei, Minggu malam nanti, maka Inter bakal meraih gelar scudetto ke-19 mereka, yang terakhir kali diperoleh 11 tahun silam.

Pada Minggu dini hari tadi, rival sekota Inter, AC Milan, juga meraih kemenangan. Milan menundukkan Benevento 2-0 di San Siro, demi kembali ke jalur kemenangan setelah dua kekalahan beruntun.

Kemenangan itu sekaligus membuat Milan sementara kembali ke posisi kedua klasemen dengan raihan 69 poin.

Hanya saja Milan bisa kembali terlempar dari empat besar bila Atalanta (68), Napoli (66) dan Juventus (66) memenangi laga masing-masing Minggu malam ini.

Baca juga: Milan kembali ke jalur kemenangan dan naik ke posisi kedua

Berbarengan dengan Atalanta melawat ke Sassuolo, Napoli akan menjamu Cagliari di Stadion Diego Armando Maradona dan Juve menyambangi Friuli bertemu Udinese.

Rangkaian jadwal pertandingan pekan ke-34 Minggu malam ini akan dibuka dengan kesempatan Lazio memantapkan posisi di zona Liga Europa jika mampu mengalahkan tamunya Genoa di Olimpico.

Lantas di Renato Dall'Ara, Fiorentina bakal berusaha menundukkan tuan rumah dalam upaya memperlebar jarak tiga poin dari zona degradasi.

Sedangkan di Luigi Ferraris, Sampdoria tentu berambisi memperburuk tren negatif AS Roma yang sudah tiga pertandingan terakhir tidak merasakan kemenangan.

Baca juga: Pirlo ogah terpengaruh spekulasi masa depannya di Juve
Baca juga: Penangguhan Presiden Lazio bertambah jadi 12 bulan terkait prokes


Berikut jadwal Liga Italia pekan ke-34 (dalam WIB, tuan rumah disebut pertama):

Sabtu (1/5) malam s.d. Minggu (2/5) dini hari
Verona 1 - Spezia 1 (Eddie Salcedo 46'; Riccardo Saponara 86')
Crotone 0 - Inter Milan 2 (Christian Eriksen 69', Achraf Hakimi 90+2') Baca juga: Inter kunci gelar scudetto sekaligus kirim Crotone ke Serie B
AC Milan 2 - Benevento 0 (Hakan Calhanoglu 6', Theo Hernandez 60')

Minggu (2/5) malam s.d. Senin (3/5) dini hari
17.30 Lazio vs Genoa
20.00 Bologna vs Fiorentina
20.00 Sassuolo vs Atalanta
20.00 Napoli vs Cagliari
23.00 Udinese vs Juventus
01.45 Sampdoria vs AS Roma

Selasa (4/5) dini hari
01.45 Torino vs Parma

Klasemen Liga Italia

Keterangan:
[G-UCL]: sudah memastikan tiket fase grup Liga Champions
[PO-UECL]: sudah memastikan setidaknya meraih tiket playoff kualfikasi Liga Conference, tetapi masih bisa meraih tiket Liga Champions dan/atau Liga Europa
[D]: sudah dipastikan terdegradasi ke Serie B

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar