Komponis Situbondo raih juara di festival tingkat nasional

Komponis Situbondo raih juara di festival tingkat nasional

Ali Gardy (memegang piala) bersama budayawan Ngatawi Al-Zastrow, usai menerima penghargaan di Jakarta. ANTARA/HO-Aspri/am.

Kelompok musik Nusantara Rytm itu terdiri atas Ali Gardy, Dias Pribadi dan Reyfani yang selama ini mengusung tema etnik,
Situbondo (ANTARA) - Komponis asal Kabupaten Situbondo Ali Gardy Rukmana bersama dua rekannya dalam grup "Nusantara Rytm" meraih juara dalam "Festival Seni Ramadhan" yang diselenggarakan kolaborasi antara Universitas Indonesia dengan Kementerian Agama RI di Jakarta.

"Alhamdulillah, di lomba tingkat nasional ini kami meraih juara dua untuk kategori cipta lagu. Pada festival ini, kami membawakan lagu berjudul Karena-Mu," kata Ali Gardy kepada ANTARA di Situbondo, Jawa Timur, Minggu.

Laki-laki asal Desa Jangkar, Situbondo, ini menjelaskan festival tersebut merupakan salah satu bentuk gerakan membangun moderasi beragama melalui gerakan kebudayaan. Acara itu dibuka secara simbolis oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dan Dirjen Bimmas Islam Kementrian Agama H. Kamaruddin Amin, MA, akhir April lalu.

Baca juga: Festival Seni Ramadhan UI diharapkan tingkatkan kepekaan batin

Festival itu, kata Ali, juga diramaikan oleh beberapa musisi nasional, di antaranya Opik, Debu, Anisa Rahman, Dwiki Dharmawan, Once dan Ikang Fauzi.

Nusantara Rhythm yang merupakan kelompok musik asli Situbondo berhasil lolos audisi sehingga mereka diundang mengikuti final Festival Seni Ramadhan 2021 di Jakarta.

Kelompok musik Nusantara Rytm itu terdiri atas Ali Gardy, Dias Pribadi dan Reyfani selama ini memang mengusung tema etnik, dengan mengemas perpaduan alat musik tradisional dan modern dalam setiap aransemen yang diciptakannya.

Baca juga: Festival Ramadhan di Makara Art Center UI hadirkan ""Batle Nasyid"

Ali Gardy menjelaskan mengenai tema lagu ciptaannya, "Karena-Mu" itu pihaknya mencoba membahasakan aspek geografis dan kehidupan sosial yang berbeda, akan tetapi hulu dalam berketuhanan adalah sama, yakni bersandar kepada ajaran Baginda Nabi Muhammad SAW.

"Kami mengucapkan terima kasih atas semua dukungan saudara-saudaraku di Situbondo sehingga kami mampu mencapai raihan prestasi ini. Alhamdulillah. Situbondo, perjuangan ini buat kita semua, dari kami Nusantara Rythm," katanya.

Baca juga: Makara Art Center UI gelar festival seni Ramadhan

Pewarta: Masuki M. Astro
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar