BUMN Hadir

INKA sabet juara I lomba perusahaan aman dan sehat Kota Madiun

INKA sabet juara I lomba perusahaan aman dan sehat Kota Madiun

PT INKA (Persero) meraih penghargaan dari Wali Kota Madiun Maidi atas keberhasilan menjadi juara I dalam Lomba Perusahaan Aman dan Sehat tahun 2021 Kategori Perusahaan Besar yang diselenggarakan oleh Pemkot Madun, Jawa Timur, Sabtu (1/5/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas INKA/ Lr)

Penyerahan penghargaan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pekerja Internasional (May Day) tanggal 1 Mei yang tahun 2021 diselenggarakan di  Madiun pada Sabtu (1/5) 2021
Madiun, Jatim (ANTARA) - BUMN PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) meraih penghargaan dari Wali Kota Madiun Maidi atas keberhasilan menjadi Juara I dalam Lomba Perusahaan Aman dan Sehat tahun 2021 kategori perusahaan besar yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur.

Manajer Senior Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto di Madiun, Minggu mengatakan penyerahan penghargaan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Pekerja Internasional (May Day) tanggal 1 Mei yang tahun 2021 diselenggarakan di  Madiun pada Sabtu (1/5) 2021.

"Terima kasih kepada Pemkot Madiun atas apresiasi yang diberikan. Penghargaan ini tidak lepas dari peran serta manajemen dan para karyawan PT INKA (Persero) dalam menjalankan seluruh prosedur keamanan dan kesehatan ditetapkan serta dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Selain itu, keberhasilan INKA juga didukung dengan adanya standar pengawasan keamanan perusahaan, hingga keberadaan ruang terbuka hijau dan perlindungan kesehatan untuk karyawannya.

Ia menambahkan bahwa beberapa fasilitas di perusahaan juga telah sesuai standar mulai keberadaan kamera pengawas (CCTV), jumlah satpam, sertifikasi Garda Pratama, ruang terbuka hijau, fasilitas protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19.

Selain itu, kata Bambang Ramadhiarto, juga keikutsertaan seluruh karyawan dalam BPJS hingga pemeriksaan kesehatan bagi karyawan yang rutin secara berkala.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Madiun Agus Mursidi mengatakan lomba Perusahaan Aman dan Sehat 2021 merupakan cara lain yang lebih bermanfaat dalam peringatan Hari Buruh se-Dunia 2021 yang berlangsung di masa pandemi COVID-19.

Terdapat 17 kriteria penilaian yang terangkum dalam lima poin penting. Yakni, poin hubungan industrial, kesehatan kerja, keselamatan kerja, lingkungan kerja, serta keamanan dan ketertiban kerja. Namun, Agus mengungkapkan bahwa inovasi dalam perusahaan menjadi poin pendukung yang mampu mendongkrak penilaian.

Kegiatan yang baru pertama kali digelar itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi perusahaan di Kota Madiun. Serta, meningkatkan semangat pemilik perusahaan untuk lebih meningkatkan pengelolaan keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja.

Selain itu, juga menciptakan iklim yang kondusif dan inovatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawan, demikian Agus Mursidi.

Baca juga: Pemkot Madiun-INKA operasikan kereta medis untuk isolasi COVID-19

Baca juga: Erick Thohir minta PT INKA perluas pasar ekspor

Baca juga: INKA-Pemkab Tulang Bawang Barat-Itera kerja sama transportasi listrik

Baca juga: Pemkot Madiun siapkan nakes penunjang operasional kereta medis

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar