Jakarta (ANTARA) - Regulator telekomunikasi Rusia, Roskomnadzor menyatakan Twitter memenuhi permintaan mereka untuk menghapus konten yang dilarang pemerintah negara tersebut.

Dikutip dari Reuters, Senin, Roskomnadzor meminta Twitter menghapus konten yang mengandung pornografi anak, penyalahgunaan obat-obatan atau ajakan bunuh diri kepada anak-anak.

Twitter menghapus 60 persen konten yang dilarang tersebut, sejak Rusia memperlambat kecepatan platform tersebut pada Maret lalu agar memenuhi permintaan tersebut. Meski pun begitu, lebih dari 1.000 konten ilegal masih bisa diakses di platform tersebut, jumlahnya turun dari tahun lalu yang lebih dari 3.000 konten.

Rusia memperpanjang perlambatan kecepatan platform Twitter hingga 15 Mei.

Roskomnadzor menemukan lebih dari 900 konten terlarang terbaru sejak perlambatan 10 Maret lalu.

Menurut mereka, Twitter menghapus konten ilegal yang baru terdeteksi dalam 81 jam setelah permintaan, lebih lambat dari tenggat waktu di undang-undang yakni 24 jam.

Twitter membantah mengizinkan platform tersebut digunakan untuk mempromosikan perilaku ilegal dan memiliki nol toleransi untuk eksploitasi seksual anak serta melarang promosi bunuh diri atau menyakiti diri.

Perwakilan Twitter menyatakan sudah berdiskusi dengan Roskomnadzor pada 1 April dan 28 April untuk masalah konten ilegal tersebut.

Roskomnadzor menyatakan pada pertemuan 28 April lalu, regulator dan Twitter sepakat membangun komunikasi langsung untuk moderasi konten.
 


Baca juga: Rusia perpanjang pelambatan Twitter hingga pertengahan Mei

Baca juga: Pengadilan Rusia denda Twitter karena gagal menghapus konten

Baca juga: Rusia tuduh AS curangi media sosial

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021