Camilan cumi raksasa untuk berbuka puasa

Camilan cumi raksasa untuk berbuka puasa

MasterSquid. ANTARA/HO.

Jakarta (ANTARA) - Dengan tekstur yang kenyal dan bentuk yang unik, cumi-cumi telah lama menjadi hidangan laut yang populer di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia, dapat dijumpai ragam olahan cumi dalam berbagai rasa dan cara masak. Mulai dari digoreng tepung, saus tiram,saus asam manis, goreng mentega, dan masih banyak lagi. Tak hanya lezat, cumi pun kaya akan gizi dan mineral sehingga pas dihidangkan sebagai menu sahur atau berbuka puasa.

Salah satu gerai makanan dengan olahan cumi MasterSquid yang berdiri sejak 2015 menghadirkan ragam olahan cumi goreng dengan konsep jajanan kaki lima Taiwan.

Menu andalan gerai ini adalah Cumi Raksasa atau Giant Squid, olahan cumi goreng yang dibalur dengan tepung pilihan dan disajikan dalam berbagai macam bumbu yaitu barbeque, salt & pepper, dan rumput laut. Dengan cumi yang segar, tidak amis, dan tekstur yang lembut, Giant Squid bisa jadi salah satu kudapan yang unik, lezat, dan praktis.

Randy Sugiarto, pemilik MasterSquid menceritakan ide awal konsep mendirikan MasterSquid Indonesia, “Beberapa tahun lalu saya sedang travelling ke luar negeri dan sangat tertarik melihat konsep deep fried giant squid yang sedang menjadi tren di sana. Mengingat olahan cumi telah lama menjadi favorit masyarakat Indonesia, saya pikir ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan," katanya dalam siaran resmi.

Randy dan pasangannya juga memang menyukai cumi-cumi dan sering membaca apa saja manfaat dari mengonsumsi hidangan itu. Setelah membuat formula hidangan yang tepat setelah tiga bulan, kemudian mengikuti bazaar, dia kemudian mengoperasikan MasterSquid yang kini sudah tersebar di 20 outlet di berbagai kota Indonesia.

Manfaat dari cumi-cumi untuk tubuh bervariasi, yakni sebagai makanan yang kaya protein. Cumi kaya kandungan protein dan mineral. 100 gram cumi mengandung sekitar 15,5 - 16,1 gram protein.

Cumi-cumi juga mengandung vitamin B6 dan B12. Vitamin B6 berguna untuk melindungi Kesehatan jantung sedangkan Vitamin B12 baik untuk mendukung kesehatan saraf dan Kesehatan darah.

Cumi-cumi pun mengandung selenium dan Vitamin E. Selenium dan Vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, melawan kanker, serta membantu pertumbuhan tubuh. Cumi-cumi juga memiliki kandungan Omega-3 berkhasiat untuk dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat kandungan ini untuk menjaga kesehatan mata, mencegah demensia dan menjaga kesehatan kardiovaskular.


Baca juga: Menu Ramadhan - Black bean spaghetti cah jamur keju

Baca juga: Menu Ramadhan - Fettucini sayur tabur udang

Baca juga: Menu Ramadhan - Ayam Makhani Bumbu Masala

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menggigit Bhoi, si mungil manis dari Tanah Rencong

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar