Kapal Api donasikan Rp1 Miliar untuk keluarga awak KRI Nanggala-402

Kapal Api donasikan Rp1 Miliar untuk keluarga awak KRI Nanggala-402

Pangkoarmada II Laksda TNI ING Sudihartawan saat foto bersama usai penyerahan donasi kepada keluarga awak KRI Nanggala-402, di Markas Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Senin (3-5-2021). (ANTARA/HO-TNI)

Jakarta (ANTARA) -
PT Kapal Api Global dan PT Indadi Setia menyerahkan donasi sebesar Rp1 Miliar kepada keluarga 53 awak Nanggala-402 yang gugur saat latihan di perairan Bali, pada Rabu (21/4).
 
Penyerahan donasi tersebut dilakukan oleh Deputy CEO PT Kapal Api Global Adi Haryono dan Direktur Utama PT Indadi Setia Laksda TNI (Purn) Bambang Darjanto kepada Panglima Koarmada II Laksda TNI ING Sudihartawan, di Gedung Bramastra, Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Senin.
 
"KRI Nanggala 402 adalah kapal selam kebanggaan kami, yang selama ini selalu siap dalam menjalankan tugasnya. Anak buah kami, ABK KRI Nanggala 402 memiliki tempat yang sangat istimewa di hati kami. Hari ini juga hadir bersama kita di sini, perwakilan dari keluarga ahli waris. Terus terang, kami sampaikan kepada keluarga ahli waris, kami merasa sangat kehilangan," kata Pangkoarmada II Laksda TNI ING Sudihartawan dalam siaran persnya.

Baca juga: Menteri Sosial serahkan tabungan untuk anak kru KRI Nanggala 402
 
Sudihartawan dalam kesempatan tersebut sempat berbagi cerita tentang KRI Nanggala-402 dan para ABK yang seluruhnya adalah putra-putra bangsa terbaik.
 
"Sumbangan yang disampaikan pada kesempatan ini akan sangat berguna bagi keluarga ahli waris terutama untuk melanjutkan kehidupan bagi anak-anak. Atas nama keluarga besar Koarmada II. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Semoga amal baik Bapak-bapak sekalian akan mendapatkan balasan yang baik dari Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya.
 
Deputy CEO PT Kapal Api Global Adi Haryono dalam kesempatan yang sama menyatakan PT Kapal Api Global yang berkarya di Jawa Timur, selama ini senantiasa memberikan dukungan terhadap kegiatan di Armada TNI AL (Koarmada II).
 
"Hari ini kami hadir untuk menyampaikan sumbangan sebagai bentuk rasa bela sungkawa kami yang sedalam-dalamnya atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa, 53 awak Nanggala 402, saat menunaikan tugasnya bagi negara," ujarnya.
 
Tenggelamnya Kapal Nanggala 402 merupakan musibah dan rasa kehilangan besar bagi bangsa Indonesia, terutama untuk keluarga yang ditinggalkan.
 
"Kami berharap donasi yang disampaikan pada hari ini melalui Pangkoarmada II dapat memberikan uluran tangan agar keluarga yang ditinggalkan dapat tetap bersemangat dalam menjalani hari-hari ke depan," tutur Adi Haryono dengan penuh keprihatinan.
 
Sementara itu, Direktur Utama PT Indadi Setia, Laksda TNI (Purn) Bambang Darjanto menyampaikan keprihatinan dan duka cita yang mendalam atas musibah yang menimpa Nanggala 402 pada Rabu (21/4) lalu.
 
"Kami sungguh berharap sumbangsih dari PT. Indadi Setia dapat memberikan secercah penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan. Teriring tentunya doa bagi seluruh awak Nanggala 402 yang telah gugur sebagai pahlawan bangsa," kata Bambang.

Kapal selam KRI Nanggala-402 yang membawa 53 awak kapal, tenggelam pada Rabu (21/4) dini hari di perairan utara Pulau Bali saat latihan penembakan torpedo.
 
Setelah melakukan proses pencarian, pada Minggu (25/4), KRI Nanggala-402 dinyatakan telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.
 
Kapal selam buatan Jerman itu ditemukan tenggelam di kedalaman 838 meter dengan kondisi terbelah menjadi tiga bagian.

Baca juga: ACT komitmen rutin bantu keluarga prajurit gugur di KRI Nanggala-402
Baca juga: SMA Pradita Dirgantara beri beasiswa untuk anak awak KRI Nanggala-402

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

40 hari awak KRI Nanggala berpatroli abadi di laut NKRI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar