Port of Spain (ANTARA) - Pemerintah Trinidad dan Tobago, Senin (3/5),menyatakan mengetatkan penguncian selama tiga minggu mulai tengah malam karena jumlah kasus baru COVID-19 mencapai angka tertinggi dan negara pulau kembar Karibia itu menghadapi kemungkinan kekurangan ranjang rumah sakit.

Perdana Menteri Keith Rowley mengatakan bahwa di bawah pembatasan baru itu, hanya bisnis yang dianggap sebagai layanan penting seperti toko swalayan, apotek, dan layanan keuangan yang akan tetap buka --dengan jam kerja dikurangi. Pembatasan juga selama ini dikecualikan bagi sektor energi dan manufaktur utama.
 
Pemerintah menutup pusat perbelanjaan, bioskop, teater, restoran, bar, tempat ibadah, salon kecantikan, dan pusat kebugaran pekan lalu untuk mencegah penyebaran virus. Bisnis ritel dan makanan serta tempat-tempat usaha lainnya yang bukan pokok, seperti pedagang kaki lima, akan diharuskan tutup mulai tengah malam.

"Sistem perawatan kesehatan kita sekarang dalam bahaya kelebihan beban karena tingkat infeksi yang kiata alami," kata Rowley pada Senin.

Negara berpenduduk lebih dari 1,3 juta orang itu berhasil mengekang infeksi COVID-19 selama sebagian besar tahun lalu. Hitungan total 11.313 kasus dan 174 kematian, sejak pandemi mulai muncul, masih kurang dari setengah rata-rata global per kapita.

Namun, penularan telah melonjak akhir-akhir ini. Trinidad dan Tobago saat ini memiliki
2.506 kasus COVID-19 aktif. Pejabat kesehatan memperingatkan sistem perawatan kesehatan bisa kewalahan dalam 10 hari jika kecenderungan itu terus berlanjut

Satu faktor khusus yang menjadi keprihatinan adalah kedatangan varian P1 Brazil, yang sangat mudah menular dan pertama kali diidentifikasi pada seorang migran Venezuela.

Hanya 42.455 orang di Trinidad dan Tobago yang telah divaksinasi hingga saat ini karena negara-negara pulau kecil Karibia mengeluhkan bahwa negara-negara tanpa kemampuan finansial atau politik untuk mencapai kesepakatan tidak mendapatkan pasokan vaksin secara adil.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pariwisata anjlok karena corona, penduduk asli Karibia kembali bertani

Baca juga: Kuba hentikan kedatangan pesawat dari luar negeri, cegah COVID-19


 

Layanan darurat, tentara Brazil mengirim oksigen ke Amazonas

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021