BRGM bangun 63 IPG sekat kanal di lima KHG Provinsi Jambi

BRGM bangun 63 IPG sekat kanal di lima KHG Provinsi Jambi

Pemeliharaan infrastruktur pembasahan gambut. BRGM bangun 63 unit sekat kanal di lima kawasan HKG di Provinsi Jambi pada tahun 2021. ANTARA/HO-BRGM.

desa peduli gambut menjadi ikon BRGM
Jambi (ANTARA) - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BGRM) di tahun 2021 ini membangun 63 unit infrastruktur pembasahan gambut (IPG) sekat kanal di lima kawasan Kesatuan Hidrologis Gambut (KHG) di Provinsi Jambi.

"Berdasarkan hasil rapid asesment ada 63 IPG sekat kanal yang akan dibangun di kawasan gambut di Provinsi Jambi pada tahun 2021 ini," kata Deputi II BRGM Tris Raditian saat menyampaikan materi sosialisasi restorasi gambut tahun 2021 secara virtual di Jambi, Selasa.

Sebanyak 63 unit IPG sekat kanal tersebut tersebar di KHG Sungai Air Hitam Laut-Sungai Buntu Kecil sebanyak lima unit. Kemudian di KHG Sungai Batanghari-Sungai Air Hitam Laut delapan unit.

Selanjutnya di KHG Sungai Batanghari-Sungai Kumpeh sebanyak 15 unit, KHG Sungai Pengabuan-Sungai Baung sebanyak 32 unit. Dan di KHG Sungai Batanghari-Sungai Air Hitam Laut di Desa Sungai Gelam sebanyak tiga unit.

Pembangunan IPG sekat kanal di kawasan KHG tersebut diharapkan mampu mendukung program restorasi gambut di Provinsi Jambi. Di mana target restorasi 2021-2024 BRGM berdasarkan KHG di Provinsi Jambi seluas 67.282 hektare yang terdiri dari kawasan gambut pasca kebakaran, kawasan konsesi dan non konsesi.

Baca juga: BRG bangun 50 sumur bor di lahan gambut Tanjung Jabung Timur
Baca juga: Gubernur Jambi optimalkan sinkronisasi program pencegahan karhutla


Saat ini luas lahan gambut di Provinsi Jambi tercatat 617.562 hektare yang terdiri dari lahan gambut budidaya 75.781 hektare, 149.524 hektare gambut tidak ber-kanal, 324.856 hektare lahan gambut lindung ber-kanal, 67.241 hektare lahan gambut pasca kebakaran dan 159 hektare lahan gambut yang belum terdefinisi.

Rekapitulasi kegiatan restorasi gambut di Provinsi Jambi periode 2017 sampai dengan 2020 seluas 1.381 hektare yang tersebar di lima kabupaten. Diantaranya 889 hektar di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan 197 hektare di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Selanjutnya 289 hektare di Kabupaten Muaro Jambi, lima hektare di Kabupaten Sarolangun dan satu hektare di Kabupaten Merangin.

Baca juga: BRG : restorasi gambut di Jambi mencapai 77.528 hektare
Baca juga: 200 ribu pohon khas gambut ditanam di Tahura Orang Kayo Hitam


Sekretaris BRGM Ayu Dewi Utari mengatakan restorasi gambut tidak bisa dikerjakan sendiri oleh BRGM, namun harus dilakukan secara bersama dengan entitas dan sampai dengan tahun 2020 sudah banyak entitas yang terlibat kinerja bersama BRGM melakukan restorasi terhadap gambut.

"Penguatan kelembagaan masyarakat melalui desa peduli gambut menjadi ikon BRGM dalam program restorasi gambut," kata Ayu Dewi Utari.

Di Provinsi Jambi hingga saat ini terdapat 63 desa peduli gambut yang tersebar di empat kabupaten. Diantaranya 22 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, 22 desa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, 16 desa di Kabupaten Muaro Jambi dan tiga desa di Kabupaten Sarolangun.

Baca juga: WWF pasang alat pendeteksi kebakaran di Jambi
Baca juga: WWF Indonesia siapkan 70 sekat kanal di Jambi

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pembasahan lahan gambut melalui sekat kanal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar