Astra gelar festival pendidikan bangun kolaborasi vokasi dan industri

Astra gelar festival pendidikan bangun kolaborasi vokasi dan industri

Ilustrasi Menara Astra. ANTARA/HO-PT Astra International Tbk

Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk menggelar Festival Pendidikan Astra 2021 yang bertujuan membangun kolaborasi dan sinergi antara vokasi dan dunia industri.

"Kami mengapresiasi dan terima kasih kepada Astra dalam pelaksanaan Festival Pendidikan Astra 2021 sebagai ruang untuk menemukan gagasan baru dalam membangun kolaborasi dan sinergi antara vokasi dan dunia industri," ujar Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Nadiem mengatakan bahwa pihaknya mengupayakan transformasi sistem pendidikan melalui merdeka belajar untuk menjadikan pendidikan Indonesia lebih adaptif. Kami juga menjadikan pengembangan karakter sebagai fokus transformasi pendidikan.

Pendidikan menjadi salah satu pilar yang mendukung pembangunan dunia untuk menyejahterakan seluruh lapisan masyarakat pada tahun 2030 melalui program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Oleh karena itu, selain peran guru dan murid yang dapat memajukan pendidikan di Indonesia, kolaborasi antara pemerintah dan berbagai pihak perlu dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut.

Sejalan dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Astra pada Selasa (4/5) mengadakan Festival Pendidikan Astra 2021 secara virtual bertema Transformasi Pendidikan Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek) serta Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Republik Indonesia.

Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa mengharapkan suatu strategi dan aksi korporatif yang tepat untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia.

"Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang berpartisipasi pada Festival Pendidikan Astra tahun 2021 yang bertepatan dalam Hari Pendidikan Nasional,” kata Suharso.

Dalam Festival tersebut, Astra bersama Kementerian PPN juga menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung pencapaian target SDGs.

Upaya yang dilakukan Astra terhadap pendidikan di Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan tujuan keempat Pendidikan Berkualitas pada pilar sosial SDGs.

“Sejak tahun 2015, Astra juga telah menjadikan SDGs sebagai salah satu acuan dalam menyusun program-program CSR di bidang pendidikan, khususnya tujuan keempat yakni menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua,” kata Direktur Astra Gita Tiffani Boer.

Baca juga: Astra - Kemendikbud sinergi tingkatkan kualitas pendidikan
Baca juga: Astra bangun Kampus Politeknik Manufaktur di Bekasi

Baca juga: Festival Hari Pendidikan di Batam lestarikan permainan tradisional
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Cegah aktivitas ilegal di perairan, BAKAMLA gencarkan kolaborasi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar