Laporan dari China

Wakil Mendag China jabat Deputi Dirjen WTO

Wakil Mendag China jabat Deputi Dirjen WTO

Ilustrasi - Lampu lalu lintas menyala merah di depan kantor pusat WTO di Jenewa, Swiss pada 10/2/2019. ANTARA/REUTERS/Denis Balibouse/pri).

Beijing (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan China Zhang Xiangchen, Selasa (4/5), ditunjuk sebagai Deputi Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Zhang menekuni isu-isu perdagangan internasional lebih dari 30 tahun dan menjadi Duta Besar China untuk WTO selama periode 2017-2020.

Selain Zhang, Dirjen WTO Ngozi Okonjo-Iweala juga menunjuk tiga orang deputi lainnya, yakni Angela Ellard dari Amerika Serikat, Anabel Gonzalez (Costa Rica), dan Jean-Marie Paugam (Prancis).

Keempat pendahulu mereka yang semuanya laki-laki telah habis masa jabatannya pada 31 Maret.

"Ini pertama kalinya dalam sejarah, setengah dari deputi direktur di organisasi kami adalah perempuan. Ini menggarisbawahi komitmen saya untuk memperkuat organisasi kami dengan para pemimpin bertalenta yang pada saat bersamaan mencapai kesetaraan gender pada posisi pejabat senior," ujar Okonjo-Iweala.

Sebelum Zhang, Yi Xiaozhun juga ditunjuk sebagai Deputi Direktur Jenderal WTO pada Agustus 2013 dan menjadi orang China pertama yang menempati posisi itu, demikian media resmi setempat, Rabu.

Okonjo-Iweala yang berkebangsaan Nigeria itu merupakan perempuan pertama yang menempati posisi tertinggi di WTO dan yang pertama pula dari benua Afrika.

Dia mulai menjabat Dirjen WTO pada 1 Maret 2021 hingga 31 Agustus 2025. 

Baca juga: Kepala WTO cari solusi atasi ketidakadilan vaksin yang "mencolok"
Baca juga: Pejabat WTO: Sistem perdagangan dunia butuh partisipasi penuh AS
Baca juga: WTO akan bertemu untuk pilih direktur jenderal berikutnya

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia -  Malaysia berjuang lawan diskriminasi kelapa sawit

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar