Balap Sepeda

Pebalap sepeda Italia Spreafico diskors tiga tahun karena doping

Pebalap sepeda Italia Spreafico diskors tiga tahun karena doping

Ilustrasi - Peloton pebalap sedang mendaki pegunungan dengan pepohonan berwarna musim gugur pada etape 20 balap sepeda Giro d'Italia 2020, rute sepanjang 198 kilometer antara Alba dan Sestriere pada 24 Oktober 2020. (AFP / LUCA BETTINI)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda Italia Matteo Spreafico diskors selama tiga tahun setelah gagal dalam dua tes anti-doping selama Giro d'Italia pada Oktober 2020, kata organisasi balap sepeda internasional UCI.

Pebalap sepeda berusia 28 tahun, yang tergabung di tim Italia Vini Zabu, gagal dalam dalam dua tes penggunaan zat terlarang ostarine selama Giro tahun lalu dan sudah didiskualifikasi dari seluruh hasil kompetisi yang diperoleh dari balapan.

Seperti dilaporkan Reuters, Rabu, UCI mengatakan hukuman skors terhadap Spreafico berlaku surut dan efektif hingga 21 Oktober 2023.

Pada April lalu, tim Vini Zabu diskors selama 30 hari setelah dua pebalap sepeda mereka dites positif menggunakan zat terlarang dalam periode 12 bulan.

Menyusul hasil tes Spreafico, rekan setimnya Matteo De Bonis dites positif pada Maret menggunakan zat terlarang erythropoietin (EPO).

Hasil-hasil tes positif tersebut menyebabkan tim menarik diri dari Giro tahun ini dengan jalur masuk wild card diberikan pada tim balap sepeda Italia Androni Giocattoli-Sidermec.

Pewarta: Irwan Suhirwandi
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

UCI setuju, "Tour de Singkarak" digelar 4-12 September 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar