Partai Demokrat di urutan keempat dalam daftar tingkat elektabilitas parpol di Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menyatakan naiknya tingkat elektabilitas partai sebagaimana ditunjukkan oleh temuan lembaga survei Indikator Politik merupakan wujud kepercayaan dan harapan rakyat terhadap partai politik tersebut.

"Peningkatan elektabilitas secara signifikan merupakan wujud harapan dan kepercayaan masyarakat yang makin tinggi kepada Partai Demokrat," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra lewat pesan tertulisnya di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, adanya harapan rakyat yang selama ini mungkin mandek, tidak tersalurkan, padahal merupakan aspirasi mendesak dan penting bagi mereka.

"Kini dirasa hanya melalui Partai Demokratlah itu mungkin untuk diperjuangkan," katanya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan bahwa peningkatan elektabilitas Partai Demokrat juga mengonfirmasi kerja-kerja politik para kader, baik di badan legislatif maupun di tengah-tengah masyarakat.

"Tentunya kepercayaan ini harus kami jaga dan emban dengan baik. Temuan survei mengonfirmasi kalau pilihan Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat selama kepengurusan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sangat tepat," katanya menegaskan.

Baca juga: Survei CPCS: Elektabilitas Demokrat naik, PDIP turun

Dalam kesempatan yang sama, Herzaky mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh rakyat Indonesia kepada Partai Demokrat, terutama setelah partai itu berhasil melewati gejolak akibat adanya upaya membentuk kongres luar biasa yang dilakukan oleh sejumlah eks kader.

"Berkat dukungan dari masyarakat, demokrasi di Indonesia dapat diselamatkan. Perjuangan Partai Demokrat mempertahankan kedaulatan dan kehormatan partai selama lebih dari 2 bulan kemarin, membuahkan hasil yang sangat baik," kata Herzaky menerangkan.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada hari Selasa (4/5) mengumumkan hasil penelitiannya mengenai tingkat elektabilitas partai politik dan tokoh-tokoh politik yang berpeluang jadi calon presiden pada Pemilihan Umum 2024.

Survei yang melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi itu menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat naik dari 5 persen pada tahun lalu menjadi 8 persen pada tahun ini. Skor itu menempatkan Partai Demokrat di urutan keempat dalam daftar tingkat elektabilitas parpol di Indonesia.

Urutan pertama diisi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan skor 25,3 persen, disusul oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 13,1 persen, kemudian Partai Golkar 9,2 persen.

Baca juga: Survei: Elektabilitas Partai Demokrat melonjak

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021