Aozora Kurumi, idola virtual pertama airasia

Aozora Kurumi, idola virtual pertama airasia

Aozora Kurumi. ANTARA/airasia.

Jakarta (ANTARA) - Aozora Kurumi jadi idola virtual, pembuat konten yang menggunakan digital avatar, pertama dari airasia, yang akan menandakan era baru dari konten streaming di Asia Tenggara.

Idola virtual ini bagian dari Project Kavvai, program pencarian dan pengembangan bakat untuk menjadi idola virtual besar berikutnya di Asia Tenggara yang diadakan pada Maret tahun ini.

“Kami bangga dapat memperkenalkan virtual idol pertama kami hari ini yang kami harapkan dapat menjadi tren baru konten streaming di Asean ke depannya. Sebagai perusahaan digital, perubahan tren dalam cara menikmati konten online mendorong kami untuk terus mengeksplorasi inovasi lintas-industri melalui Project Kavvai agar tetap relevan dan terdepan dalam tren. Kami juga sangat bersemangat dapat bekerja sama dengan Pixiv yang akan membawa kami lebih dekat dengan komunitasnya, dan kami berharap Aozora Kurumi akan menaklukkan dunia konten kreatif segera," kata Rudy Khaw, Chief Brand Officer airasia Group, dalam keterangannya, dikutip Kamis.

Karakter Aozora Kurumi digambarkan mengenakan busana bergaya Victoria dan ditemani oleh hewan peliharaannya Jetson.

Aozora Kurumi adalah VTuber perempuan yang debut pada April 2021. Dia merupakan anggota dari Project Kavvaii besutan AirAsia Berhad. Aozora lancar berbahasa Inggris, Mandarin, Hokkien, Cantonese, Korea, Melayu dan Jepang.

Sebagai pengikut Dewa Hermes, Aozora Kurumi bertugas berkelana antar dunia untuk menyampaikan pesan kepada para dewa. Pada suatu hari, dia terbang ke Bumi dan terpesona dengan kehidupan di Bumi termasuk dengan dunia para Idol. Dia pun akhirnya memutuskan untuk menjadi idola dan streamer paruh waktu di luar tugasnya sebagai pengikut Hermes. Di waktu senggangnya, Aozora senang mengamati manusia dari "Cloud Palace" (rumah di atas awan) bersama kucing peliharaannya, Jetson yang dia juluki dengan sebutan "putraku".

Aozora Kurumi didesain oleh seniman ilustrator terkenal di komunitas idola virtual, Yueko. Karakter ini semakin hidup di tangan veteran industri animasi, Iron Vertex, dan pengisi suara berbakat yang terpilih dari audisi terbuka yang diadakan baru-baru ini di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Idola virtual ini diharapkan dapat menghadirkan beragam konten siaran langsung menarik dengan berbagai tema mulai dari game hingga gaya hidup, serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan daring dan luring dalam waktu dekat. Aozora Kurumi akan memulai debutnya melalui streaming di YouTube pada 8 Mei 2021 pukul 19:00 WIB.

Selain itu, untuk mengembangkan konten virtual ke tahap berikutnya, airasia akan bekerja sama dengan Pixiv, komunitas daring ternama untuk seniman ilustrasi di Jepang dan seluruh dunia. Ada berbagai inisiatif yang akan dilakukan dalam kemitraan kolaboratif ini, termasuk di antaranya penyelenggaraan kontes fan art untuk Aozora Kurumi pada September mendatang dan pembuatan channel Pixiv khusus di airasia wifi yang akan menampilkan konten eksklusif dari platform Pixivision.


Baca juga: Aplikasi AirAsia rambah lini kecantikan

Baca juga: AirAsia Group rencanakan taksi udara & layanan pengiriman drone

Baca juga: Air Asia operasikan rute domestik secara terbatas bulan depan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar