Jakarta (ANTARA) - Rumah mode asal Prancis, Chanel, mengumumkan rencananya untuk menggelar kembali peragaan busana fisik di Paris, dalam rangka Pekan Mode Paris atau Paris Fashion Week pada Juli mendatang.

Pihak Chanel menyatakan telah mempersiapkan peragaan busana fisik ini sejak sembilan bulan lalu, sementara Prancis tengah bersiap untuk mencabut peraturan lockdown secara bertahap mulai 19 Mei.

Tempat yang dipilih oleh rumah mode ini adalah Palais Galliera, museum mode yang sempat dibuka kembali pada bulan Oktober dengan pameran skala besar Gabrielle “Coco” Chanel.

"Saya berharap rumah-rumah mode lainnya akan menyusul," ujar presiden Chanel SAS, Bruno Pavlovsky kepada WWD dikutip pada Kamis.

Fédération de la Haute Couture et de la Mode, badan penyelenggara mode Prancis hingga saat ini belum menentukan format acara pagelaran busana khusus pria dan haute couture (adibusana) mendatang pada bulan Juni dan Juli, setelah beberapa musim pagelaran busana hanya digelar secara daring.

Chanel memiliki hubungan khusus dengan Palais Galliera, sebagai sponsor eksklusif area barunya untuk pameran permanen. Retrospektif Chanel terpaksa ditutup pada 29 Oktober hanya beberapa minggu karena Prancis memberlakukan langkah-langkah ketat yang dirancang untuk menekan penyebaran virus corona. Palais Galliera sendiri akan dibuka kembali dari 19 Mei hingga 18 Juli, kata museum itu.

Sementara itu, Chanel sedang melobi para pesaingnya untuk kembali mendukung Paris Fashion Week, setelah setahun melihat sejumlah label besar, termasuk Saint Laurent, Balenciaga, dan Celine untuk kembali ke dalam struktur agenda fesyen.

"Saya berharap semua rumah mode kembali ke struktur kalender resmi karena kekuatan Paris terletak pada pekan mode, baik pria maupun wanita, haute couture atau siap pakai. Saya pikir kita perlu kembali ke sedikit disiplin dalam hal pengorganisasian. Ini penting. Kami memiliki federasi yang melakukan pekerjaan luar biasa," kata Pavlovsky.

"Itu tidak menghalangi siapa pun untuk mengadakan acara di tempat lain selama sisa tahun ini," tambahnya, sambil mencatat bahwa Chanel adalah rumah mode pertama yang menyelenggarakan pertunjukan destinasi eksotis untuk koleksi Cruise 2021/22.


Baca juga: Chanel padukan nuansa 90'an dengan keanggunan Provence

Baca juga: Harga terus menanjak, tas mewah jadi investasi menggiurkan

Baca juga: Chanel luncurkan iklan baru untuk tasnya yang ikonik

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021