Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI akan memimpin Rapat Paripurna DPR Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021 pada Kamis (6/5) dengan agenda pengucapan sumpah/janji anggota DPR pengganti antarwaktu sisa masa jabatan 2019-2024.

"Sesuai peraturan DPR, pengucapan sumpah atau janji anggota DPR pengganti antarwaktu (PAW) dipandu oleh pimpinan DPR RI," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan peraturan tersebut adalah Pasal 18 ayat (5) Peraturan DPR RI No 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib.

Baca juga: Ketua DPR, Kakorlantas, & Menhub rakor pengamanan Operasi Ketupat 2021

Anggota DPR pengganti antarwaktu yang akan mengucap sumpah atau janji adalah Itet Tridjajati Sumarijanto dari Fraksi PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Lampung II, menggantikan Bambang Suryadi.

Selain itu, Ali Mufhti dari Fraksi Partai Golkar dari daerah pemilihan Jawa Timur VII, menggantikan Gatot Sudjito.

Peresmian pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI itu tercantum dalam petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 71/P tahun 2021, tanggal 27 April 2021.

Setelah memandu pengucapan sumpah anggota DPR PAW, Puan akan menyampaikan pidato pembukaan Masa Persidangan V tahun sidang 2020-2021.

Rapat paripurna dijadwalkan berlangsung pukul 10.30 WIB dan dapat disaksikan masyarakat dari siaran langsung TV Parlemen atau YouTube DPR RI.

Baca juga: Ketua DPR harap hasil Musrenbang pulihkan dampak pandemi

Baca juga: Puan: Hari Pertama larangan mudik jadi pertaruhan wibawa negara


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021