Laporan dari China

China tangguhkan kerja sama dialog ekonomi dengan Australia

China tangguhkan kerja sama dialog ekonomi dengan Australia

Ilustrasi - Bangunan kuno yang berada di antara lapangang Tian'anmen dan pusat jajanan klasik di Qianmen, Beijing, China, pada musim libur Imlek 2021. ANTARA/M. Irfann Ilmie.

Beijing (ANTARA) - Badan perencanaan pembangunan nasional China menangguhkan semua kegiatan dalam skema kerja sama dialog ekonomi dengan Australia.

Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC) semacam Bappenas bersama kementerian terkait di Australia membentuk Forum Dialog Ekonomi Strategis China-Australia.

Namun seluruh kegiatan di bawah skema tersebut ditangguhkan mulai Kamis.

Kegiatan ini ditangguhkan karena sikap pemerintah Australia saat ini, demikian pengumuman resmi NDRC.

NDRC dalam keterangan resminya yang dikutip media-media di China baru-baru ini, beberapa pejabat pemerintah Australia melakukan serangkaian tindakan yang dapat mengganggu kerja sama antara China dan Australia.

Kedua negara sebelumnya juga terlibat saling berbalas sanksi perdagangan.

Nilai ekspor Australia yang dihasilkan dari daging sapi, produk perikanan, tembaga, batu baru, dan minuman anggur mengalami penurunan drastis dari 29 miliar dolar AS pada Januari 2019 menjadi hanya 5,5 miliar dolar AS pada Januari 2021.

Sanksi yang diambil China tersebut terkait dengan seruan Australia kepada dunia internasional agar melakukan investigasi terhadap asal-usul COVID-19. 

Baca juga: China: Australia harus hindari memperburuk hubungan bilateral

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar