Jakarta (ANTARA) - MDI Ventures anak usaha Telkom Group, melalukan investasi pada perusahaan jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) Cermati, startup yang menawarkan berbagai produk finansial ke lebih dari 20 juta pengguna.

Pendanaan pada saham Seri C tersebut akan digunakan untuk meningkatkan dan memperluas penawaran produk, mengembangkan teknologi, memperluas kemitraan dan distribusi produk.

"Kami mendukung Cermati mengembangkan micro insurance dan micro lending hingga berperan penting terhadap inklusi keuangan Indonesia," kata CEO MDI Ventures, Donald Wihardja dalam keteranganya di Jakarta, Kamis.

Dengan dukungan TelkomGroup sebagai salah satu investor utama, Cermati akan memperluas distribusi produk melalui jaringan luas yang dimiliki oleh TelkomGroup serta perusahaan-perusahaan dan BUMN lainnya.

Dijelaskan, salah satu produk yang dikelola antara lain Cermati.com, sebuah marketplace untuk produk finansial dengan trafik terbesar di Indonesia.


Baca juga: Startup portfolio Telkom listing di Australia
 

Lini bisnis yang dijalankan antara lain digital insurance melalui Cermati Protec dan bisnis fintech lending.

Melalui Big Data dan AI, Cermati berencana mengembangkan micro insurance dan juga micro lending products yang menyasar pasar yang belum terlayani.

Bersama MDI Ventures, KB Financial Group juga ikut ambil bagian dalam investasi Cermati melalui KB- MDI Centauri Fund.

"Cermati salah satu perusahaan fintech yang memiliki potensi pertumbuhan yang masih sangat besar," kata Managing Partner Centauri Fund, Kenneth Li.

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Cermati.com, Andhy Koesnandar mengatakan investasi dan sinergi ini akan mempercepat visi perusahaan dalam memanfaatkan teknologi untuk mencapai inklusi keuangan.


Baca juga: BEI ajak pelaku fintech jajaki peroleh dana dari pasar modal
 

"Kerja sama dengan Cermati menjadi jawaban atas tantangan industri digital, mendukung digitisasi nasional, dan untuk menginternalisasi agenda transformasi," katanya.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengataka, investasi di Cermati akan melengkapi ekosistem digital fintech yang tengah dikembangkan oleh MDI sebagai corporate venture capital TelkomGroup.

Hingga kini, MDI telah berinvestasi di lebih dari 50 startup di Indonesia dan Global. Untuk tahun 2021, MDI mempunyai fokus investasi di bidang Fintech, Agritech, Logistic, Health, New Retail dan Deep Tech.

“Konsistensi MDI dalam berinvestasi di startup merupakan bentuk komitmen TelkomGroup dalam memperkuat bisnis digital di tanah air dan mendukung akselerasi digitalisasi Indonesia,” kata Budi.


Baca juga: Kemenko Perekonomian sebut fintech bantu proses digitalisasi UMKM

Baca juga: Fintech berpotensi besar akselerasi pemulihan ekonomi nasional

Baca juga: OJK wajibkan fintech lapor per 1 April, antisipasi pencucian uang


Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021