Jakarta (ANTARA) - Valtteri Bottas jelang Grand Prix Spanyol di Barcelona, Kamis, membantah rumor yang menyebutkan ia bakal didepak dari tim Mercedes dan digantikan oleh George Russell, yang saat ini membela tim Williams, pada pertengahan musim.

"Tidak, karena saya tahu saya tidak akan digantikan di tengah musim. Sebagai tim, kami tidak melakukan hal itu," kata Bottas seperti dikutip laman resmi Formula 1.

"Saya memiliki kontrak untuk tahun ini, dan saya rasa hanya ada satu tim yang melakukan hal itu di F1, dan kami bukanlah tim itu," kata dia mengacu ke Red Bull yang telah dua kali mengganti pebalapnya pada tengah musim dalam enam tahun terakhir.

"Tidak ada tekanan bagi saya, dan bagaimana saya bekerja. Selalu ada omong kosong, itu bagian dari olahraga ini."

Menuju balapan keempat pada musim ini, sang pebalap Finlandia menghuni peringkat empat klasemen, setelah tabrakan dengan Russell di Imola dan gagal mengamankan poin dalam balapan tersebut.

Saat rekan satu timnya, Lewis Hamilton memuncaki klasemen, Bottas tidak khawatir apabila "team order" dilakukan untuk membantu pertarungan tandemnya itu melawan sang rival, Max Verstappen dari tim Red Bull. 

Baca juga: Pertempuran dilanjutkan di Catalunya, Hamilton incar pole ke-100 
Baca juga: Verstappen akui Red Bull tak cukup cepat kejar Mercedes di Portimao 


"Soal team order dan sebagainya, jujur saya tidak khawatir soal itu. Saya tahu ada sedikit gap sekarang, tapi itu terlalu dini bagi saya, tidak ada untungnya mulai memikirkan hal itu." 

"Masih ada 20 balapan lagi, yang menyediakan sangat banyak poin, dan saya tentunya tidak menyerah untuk tujuan saya tahun ini," ujar Bottas. 

Kontrak Bottas dengan Mercedes akan selesai akhir tahun ini, namun sang pebalap Finlandia belum memikirkan masa depannya atau keberlanjutannya membela Silver Arrow.

"Fokus saya sepenuhnya di sini dan sekarang, karena itu yang penting, dan itu biasanya akan membawa masa depan yang baik.

"Jadi, saya tidak tahu, dan saat ini saya tidak peduli. Saya hanya fokus tahun ini dan memusatkan seluruh pikiran dan energi saya ke sana," pungkas Bottas.

Bottas saat ini berjarak lima poin dari pebalap muda tim McLaren Lando Norris di klasemen, namun sang pebalap Mercedes pernah meraih satu pole position dan tiga finis podium di tiga GP Spanyol terakhir yang ia jalani. 

Baca juga: Bottas gagalkan upaya Hamilton raih pole position ke-100 di Portugal 
Baca juga: Russell incar poin pertama untuk Williams di Portugal 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021