Jakarta (ANTARA) - Kelangkaan pasokan semikonduktor di pasar beberapa bulan terakhir memaksa sejumlah produsen mobil dunia memangkas beberapa fitur canggih yang pengoperasiannya membutuhkan kerja chip.

Kurangnya pasokan chip mulai terasa dampaknya pada akhir tahun lalu, dengan beberapa produsen mobil menghentikan operasi untuk beberapa model mobil terbaru mereka.

Baca juga: Subaru akan hentikan produksi di Indiana karena kelangkaan chip

Baca juga: Nissan akan pangkas produksi di Jepang karena kekurangan chip


Dengan krisis pasokan chip yang makin parah dalam lima bulan terakhir, produsen mobil semakin kreatif untuk menjaga setidaknya beberapa produksi tetap berjalan, demikian juga penjualan.

Nissan, misalnya, tidak menyertakan sistem navigasi dari ribuan kendaraan yang biasanya dilengkapi fitur tersebut. Ram tidak lagi menawarkan 1500 pikap dengan kaca spion "cerdas" yang memantau blind spot.

Renault telah berhenti menawarkan layar digital besar di belakang roda kemudi pada crossover Arkana--juga untuk menghemat chip.

Krisis ini merupakan ujian bersejarah bagi industri otomotif berusia seabad saat mencoba mempercepat peralihan ke kendaraan listrik yang lebih cerdas.

Selama beberapa dekade, pembuat mobil bergerak dengan mantap untuk memasukkan fitur-fitur canggih yang lebih banyak dan lebih baik, tetapi sekarang mereka menghapus beberapa di antaranya--setidaknya untuk sementara--untuk menyelamatkan penjualan mereka, Automotive News melaporkan, dikutip Jumat.

Baru minggu lalu, BMW, Honda, dan Ford Motor semua mengalami masalah yang memburuk karena kekurangan chip.

Kegagalan untuk mengamankan pasokan penting adalah kemunduran besar-besaran jangka pendek--jutaan penjualan kendaraan akan hilang tahun ini--dan merupakan pertanda buruk untuk masa depan karena persaingan dari perusahaan internet dan elektronik konsumen yang paham teknologi semakin meningkat.

Mark Liu, ketua Taiwan Semiconductor Manufacturing Co., memperingatkan bahwa krisis masih jauh dari selesai. Perusahaannya, yang merupakan pembuat chip paling canggih di dunia dan akan sangat penting untuk resolusi apa pun, akan mulai memenuhi persyaratan minimum klien otomotif pada bulan Juni, tetapi memperkirakan kekurangan chip mobil dapat berlangsung hingga awal 2022.

Produsen mobil juga membangun kendaraan dengan lebih sedikit teknologi. Peugeot akan kembali ke spedometer analog kuno untuk 308 hatchback-nya, daripada menggunakan versi digital yang membutuhkan chip yang sulit ditemukan.

General Motors mengatakan pihaknya membangun beberapa truk pickup Chevrolet Silverado tanpa modul ekonomi bahan bakar tertentu, dengan biaya sekitar 1 mil (1,6 km) per galon (4,5 liter).

Baca juga: Volkswagen akan kembangkan chip kendaraan otonom

Baca juga: VW perkirakan pasokan chip tetap terbatas beberapa bulan mendatang
Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021