Ambon (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang dijadwalkan tiba di Ambon, Senin siang, disambut tari adat Mako - Mako dari Amahai, Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah.

Koordinator acara panitia lokal Sail Banda, Cak Saimima, di Ambon, Senin, mengatakan, tarian penyambutan yang biasanya digelar menyambut saudara saat pulang kampung itu diperagakan 12 perempuan yang telah dibina Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Maluku dan Taman Budaya setempat.

"Kami siap menyuguhkan seni budaya khas Maluku menyambut Kepala Negara dan tamu Sail Banda yang puncaknya dijadwalkan dilaksanakan di dermaga Yos Sudarso Ambon, besok (Selasa)," ujar Cak Saimima.

Saimima mengatakan, saat pesawat ditumpangi Presiden tiba di Bandara Internasional Pattimura Ambon, dijadwalkan , Senin siang, sekitar pukul 14:45 WIT, Ibu Ani Yudhoyono akan menerima bunga tangan dari cengkih.

Para Latupati (pemangku adat) Maluku juga akan mendampingi Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu dan Muspida setempat menyambut Kepala Negara dan rombongan.

"Jadi awal tiba Presiden SBY hingga puncak acara Sail Banda disuguhi acara bernuansa adat istiadat Maluku. Saat tiba di lokasi puncak Sail Banda pada Selasa (3/8) Presiden dan tamu akan disuguhi tari Tarbaar Irlaa dari Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat(MTB)," ujar Saimima.

Dia mengemukakan, para peserta dan tamu Sail Banda juga akan dijamu makan malam di Pelabuhan Pendaratan Nusantara (PPN) Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon pada Selasa (3/8) malam dengan tarian tadisional seperti Zamra, Parisa dan Pukul Sapu dimeriahkan musik tradisional "totobuang".

"Suasana akan semarak dengan 2010 obor dibakar sepanjang pesisir pantai di Teluk Dalam Ambon berbarengan dengan diluncurkannya 2010 perahu kecil mainan dengan lilin kecil," katanya dan menambahkan para peserta dan tamu juga disuguhi pergelaran pakaian khas daerah Maluku.

Saimima mengatakan pada puncak Sail Banda Presiden akan mencanangkan Maluku sebagai lumbung ikan nasional diakhiri penandatanganan sampul peringatan Sail Banda 2010.

Acara lainnya adalah pemberian bantuan secara simbolis kepada Masjid Raya Alfatah, Gereja Maranatha dan Gereja Katholik Santo Paulus, atraksi "fly pass" pesawat Sukhoi TNI - AU dan terjun payung, pemberian penghargaan kepada perwakilan tim medis dari kapal USNS Mercy ( Amerika Serikat), Singapura dan Australia serta meninjau kapal layar peserta Sail Banda.

"Presiden setelah menghadiri puncak Sail Banda akan melanjutkan kunjungan ke Ternate, ibu kota provinsi Maluku Utara yang dimekarkan dari Maluku pada 1999," ujar Cak Saimima. (L005/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010