Pemimpin Iran nyatakan bahwa perang melawan Israel adalah kewajiban

Pemimpin Iran nyatakan bahwa perang melawan Israel adalah kewajiban

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei memberikan ceramah virtual, pada peringatan hari lahir Nabi Muhammad, di Teheran, Iran, Selasa (3/11/2020). ANTARA/Official Khamenei Website/Handout via REUTERS/HP/djo.

Dubai (ANTARA) - Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menyeru negara-negara Muslim untuk terus berperang melawan Israel, yang dia sebut bukan negara tetapi "pasukan teroris" melawan Palestina.

"Perang melawan rezim lalim ini adalah perang melawan penindasan dan perang melawan terorisme. Dan merupakan tugas publik untuk melawan rezim ini," kata Khamenei dalam pidato yang disiarkan televisi, Jumat.

Khamenei berbicara pada Hari Quds tahunan Iran, merujuk pada istilah Arab untuk menyebut Yerusalem, yang diadakan pada Jumat terakhir bulan puasa Ramadhan.

Perlawanan terhadap Israel adalah batu ujian keyakinan bagi Iran yang dipimpin Syiah, yang mendukung kelompok-kelompok militan Islam Palestina dan Lebanon yang menentang perdamaian dengan negara Yahudi, yang tidak diakui Teheran.

"Kerja sama negara-negara Muslim di Quds (Yerusalem) adalah mimpi buruk bagi Zionis," kata Khamenei.

Para pejabat Iran telah menyerukan diakhirinya Israel, termasuk dengan referendum yang akan mengecualikan sebagian besar orang Yahudi sementara termasuk Palestina di wilayah tersebut dan di luar negeri.

Pandemi virus corona memaksa pemerintah membatalkan parade tahunan Hari Quds. Tetapi media pemerintah Iran menunjukkan rekaman pengendara sepeda motor dan kendaraan yang mengibarkan bendera Hizbullah Palestina dan Lebanon mengemudi melalui jalan-jalan Teheran.

Mereka juga menerbitkan foto-foto orang yang membakar bendera Israel dan Amerika.

Sumber: Reuters
Baca juga: Iran salahkan Israel atas insiden Natanz, bersumpah balas dendam
Baca juga: Menhan AS Lloyd Austin tiba di Israel, Iran jadi agenda
Baca juga: Netanyahu tuding Iran bersalah atas ledakan di kapal Israel

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ribuan warga Palestina berbondong-bondong ke Masjid Al-Aqsa rayakan gencatan senjata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar