Dubes RI Addis Ababa urai lima strategi globalkan pendidikan Indonesia

Dubes RI Addis Ababa urai lima strategi globalkan pendidikan Indonesia

Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, berbicara dalam diskusi publik bertajuk Posisi Pendidikan Indonesia di Mata Dunia yang diselenggarakan oleh Forum Berbagi Ilmu Indonesia untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional pada Kamis (6/5/2021). ANTARA/Humas Kedubes RI untuk Addis Ababa.

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Indonesia untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, menyampaikan lima strategi untuk meningkatkan peran pendidikan Indonesia di panggung internasional, di tengah semakin pentingnya peran Indonesia dalam pengembangan riset dan pendidikan.

Kelima strategi tersebut disampaikan dalam diskusi publik bertajuk Posisi Pendidikan Indonesia di Mata Dunia yang diselenggarakan oleh Forum Berbagi Ilmu Indonesia, sebuah organisasi pemuda Indonesia, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional pada Kamis.

Dalam diskusi tersebut, Dubes Al Busyra mengatakan bahwa kelima strategi tersebut antara lain adalah perlunya memperluas jejaring internasional dan memperbanyak pemberian beasiswa untuk mahasiswa asing.

Selain itu, pemerintah juga perlu meningkatkan peran diplomasi publik oleh lembaga dan organisasi pendidikan, kemudian mengembangkan hubungan informal dengan insan pendidik luar negeri dan berupaya untuk lebih memberdayakan perwakilan Indonesia di luar negeri.

Dalam diskusi tersebut, Al Busyra juga menjelaskan tentang kekuatan dan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam untuk semakin meningkatkan peran pendidikan Indonesia di panggung dunia.

Ia mengatakan bahwa Indonesia menjadi mitra yang semakin penting dalam pengembangan riset dan pendidikan, salah satunya dapat dilihat dari peran Indonesia dalam pengembangan pendidikan di Ethiopia yang dilakukan melalui kerja sama di bidang pendidikan antara kedua negara.

Diskusi tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Forum Berbagi Ilmu Indonesia, Ivan Oktabi, sebagai pembicara dan Yoga Ilhamsyah dari Ekspedisi Mewarnai Indonesia.

Baca juga: Indonesia tegaskan Ethiopia tujuan investasi utama di Afrika
Baca juga: Dubes RI bertemu KADIN Ethiopia promosi peluang investasi di Indonesia
Baca juga: KBRI jelaskan potensi ekonomi Ethiopia kepada mahasiswa Indonesia

Pewarta: Katriana
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Nadiem sebut Indonesia masih dibayangi 3 dosa besar pendidikan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar