Biden yakin dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Biden yakin dapat segera bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) mengunjungi pusat layanan ambulans dan stasiun perawatan medis darurat No. 4 di Pushkin, wilayah Moskow, Rusia, Rabu (28/4/2021). Sputnik/Alexei Druzhinin/Kremlin via REUTERS/AWW/sa.

Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden berharap dapat segera bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, dengan Gedung Putih menyatakan bahwa perbedaan antara AS dan Rusia tidak perlu diselesaikan sebelum pertemuan kedua pemimpin.

Kepada wartawan di Gedung Putih, Jumat (7/5), Biden mengatakan dia ingin bertemu Putin meskipun Rusia sedang membangun pasukan militer di dekat Ukraina.

"Itu tidak memengaruhi keinginan saya untuk mengadakan pertemuan empat mata (dengan Putin), dan Anda akan melihat dia memiliki lebih banyak pasukan sebelumnya. Dia menarik pasukan," kata Biden.

Saat ditanya tentang kemungkinan pertemuan dengan Putin pada Juni mendatang, Biden menyatakan keyakinannya, meskipun waktu dan tempat pertemuan "sedang dikerjakan".

AS mengatakan mendukung Ukraina, di tengah apa yang oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pekan ini disebut pembangunan pasukan Moskow yang "sembrono".

Biden dan para penasihatnya ingin juga ada pertemuan puncak dengan Putin di negara ketiga, saat presiden AS itu akan berada di Eropa pada pertengahan Juni untuk mengikuti pertemuan G7 di Inggris serta pembicaraan dengan sekutu NATO di Brussels.

Tetapi, negosiasi dengan Rusia tentang pelaksanaan pertemuan puncak masih berlangsung, kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan.

AS memiliki sejumlah masalah dengan Rusia, termasuk soal perlakuan negara itu terhadap kritikus Kremlin Alexei Navalny yang dipenjara. Namun, Psaki mengatakan masalah tersebut tidak perlu harus sudah diselesaikan sebelum pertemuan Biden-Putin.

Sementara itu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov yang dikutip oleh kantor berita Rusia TASS mengatakan Rusia sedang mempelajari kemungkinan pertemuan Putin-Biden.

"Kami terus menganalisis situasinya," kata Peskov seperti dilaporkan TASS, ketika ditanya apakah pihak Rusia telah secara resmi menyetujui pertemuan yang diusulkan itu.



Sumber: Reuters

Baca juga: Untuk pertama kalinya sejak resmi menjabat, Biden hubungi Putin
​​​​​​​
Baca juga: AS akan berikan sanksi baru pada Rusia secepatnya pada Kamis

Baca juga: AS perpanjang 5 tahun perjanjian pengendalian senjata dengan Rusia



 

Rusia rayakan Hari Angkatan Laut dengan parade militer di St. Petersburg

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar