Kami menyadari dampak keputusan ini terhadap para atlet kami, terutama para atlet senior yang telah mendedikasikan diri bertahun-tahun untuk ambisi mereka berkompetisi di Olimpiade
Jakarta (ANTARA) - Organisasi Gymnastics Canada telah memutuskan untuk tidak memasukkan tim dalam kejuaraan Pan American Championship yang diadakan di Brazil karena isu kesehatan dan keselamatan saat pandemi COVID-19.

Kejuaraan yang akan berlangsung pada 4-13 Juni di Rio de Janeiro itu merupakan acara kualifikasi terakhir bagi Kanada untuk Olimpiade Tokyo dalam senam artistik putra dan putri, dan senam ritmik.

"Kami menyadari dampak keputusan ini terhadap para atlet kami, terutama para atlet senior yang telah mendedikasikan diri bertahun-tahun untuk ambisi mereka berkompetisi di Olimpiade," kata Kepala Eksekutif Gymnastics Canada, Ian Moss, dikutip dari Reuters, Sabtu.

Baca juga: Atlet Jepang Rikako Ikee tanggapi pesan anti-Olimpiade

"Kami akan melakukan segala yang kami bisa tidak hanya untuk mendukung semua atlet dan pelatih yang terkena dampak keputusan ini melalui periode sulit ini, tetapi juga untuk memberikan harapan dan kesempatan untuk bergerak maju menuju tujuan internasional mereka di masa depan."

Kanada memiliki kesempatan untuk meloloskan satu lagi atlet senam artistik putra dan putri, dan satu individu dan satu kelompok dalam senam ritmik pada kompetisi tersebut.

Acara ini juga merupakan kualifikasi untuk senam trampolin, namun ada satu kesempatan lagi untuk lolos kualifikasi senam, yakni pada kompetisi World Cup yang akan diadakan di Italia dalam beberapa pekan mendatang.

Atlet dan pelatih memiliki kesempatan untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut dan Gymnastics Canada mengatakan telah melalui proses arbitrase Pusat Penyelesaian Sengketa Olahraga Kanada dengan atlet dan pelatih untuk menunjukkan transparansi seputar keputusan tersebut.

Hasil banding, yang mendukung keputusan Gymnastics Canada, telah dikirim ke semua pihak pada Kamis (6/5).

Baca juga: Pemerintah Jepang berupaya perpanjang status darurat hingga 31 Mei
Baca juga: Kampanye anti-Olimpiade mendapat dukungan secara daring di Jepang

 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021