Jakarta (ANTARA) - Rumah lelang Heritage Auctions mengatakan jersey yang dikenakan Michael Jordan dari musim 1982-83 di University of North Carolina (UNC) telah terjual seharga 1,38 juta dolar AS atau sekitar Rp19,5 miliar di pelelangan.

"Kami sangat bangga telah memecahkan rekor untuk jersey yang dikenakan pada pertandingan Jordan," kata direktur lelang olahraga Heritage, Chris Ivy, dikutip dari AFP, Minggu.

Jersey tim putra UNC, Tar Heels, warna biru dan putih dengan nomor 23 itu merupakan pakaian yang dikenakan Jordan pada sampul Sporting News Maret 1983, yang menyatakan Jordan sebagai pemain terbaik NCAA tahun itu.

Baca juga: Sepatu awal karir Michael Jordan akan dilelang Rp1,4 miliar lebih
Baca juga: Atlet-atlet dunia turut perjuangkan kesetaraan di arena olahraga
Musim itu adalah musim yang kedua bagi Jordan di UNC, dan musim setelah seorang mahasiswa baru Jordan membantu membawa Tar Heels ke kejuaraan nasional 1982 atas tim Georgetown yang diperkuat oleh Patrick Ewing.

Jersey yang sama terjual 63.500 dolar AS atau sekitar Rp897 juta pada 1999, dan Heritage berharap jersey tersebut dapat terjual sekitar 1 juta dolar AS dalam lelang katalog olahraga musim semi.

Sebelumnya, jersey Jordan dengan harga tertinggi terjual pada Oktober ketika seragam Chicago yang dikenakan oleh ikon NBA -- yang memenangkan enam kejuaraan bersama Bulls -- itu terjual dengan harga 480.000 dolar AS atau sekitar Rp6,7 miliar.

Jersey beserta celana pendek itu berasal dari NBA musim 1986-87 ketika Jordan menjadi pencetak poin terbanyak dalam liga bola basket itu, namun Bulls harus tumbang dari Boston Celtics di babak pertama playoff.

Baca juga: Michael Jordan akan jadi presenter di acara Hall of Fame Kobe Bryant
Baca juga: Jersey Chicago Bulls milik Michael Jordan terjual Rp4,5 miliar

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021