Telkom gandeng anak usaha Garuda pasarkan platform digital pariwisata

Telkom gandeng anak usaha Garuda pasarkan platform digital pariwisata

Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kanan) menyerahkan cindera mata kepada Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi usai penandatanganan kerja sama untuk pemasaran bersama platform digital pariwisata yaitu Wonderin.id dari Telkom dan TravelAja dari Sabre, anak usaha Garuda, di Jakarta. Dokumentasi Telkom

Wonderin.id dan Travelaja merupakan komitmen Telkom memajukan travel dan tourism Indonesia melalui digital service
Jakarta (ANTARA) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan PT Sabre Travel Network Indonesia,  anak perusahaan PT Garuda Indonesia, untuk pemasaran bersama platform digital pariwisata yaitu Wonderin.id dan TravelAja guna meningkatkan digitalisasi pariwisata Indonesia.

Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid mengatakan Telkom melakukan transformasi bisnis menjadi perusahaan telekomunikasi digital melalui tiga pilar utamanya yaitu digital connectivity, digital platform, dan digital service.

“Wonderin.id dan Travelaja merupakan komitmen Telkom memajukan travel dan tourism Indonesia melalui digital service, optimalisasi infrastruktur, dan layanan digital lainnya," ujar Fajrin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Selain itu, Telkom juga fokus mengembangkan beragam layanan digital untuk ekosistem lainnya, seperti ekosistem pendidikan, kesehatan, agrikultur, dan logistik.

"Dengan adanya digitalisasi, kami optimis ekonomi digital nasional akan semakin terakselerasi sehingga mampu menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu bertempat di kantor Garuda Indonesia penandatanganan kerja sama dilakukan Executive Vice President Digital & Next Business Telkom, Saiful Hidajat dan Direktur Utama Sabre, Azhar Umar disaksikan Direktur Digital Business Telkom, M. Fajrin Rasyid dan Direktur Teknik Garuda Indonesia, Rahmat Hanafi.

Wonderin.id sebagai salah satu layanan digital milik Telkom yang fokus pada ekosistem pariwisata berpotensi melakukan digitalisasi pada 4.500 agen perjalanan yang selama ini sudah punya kerja sama dengan Sabre, melalui fitur Online Booking Tools (OBT). Sementara Sabre merupakan market leader Global Distribution System (GDS), khususnya distribusi tiket pesawat intenasional.

Dengan adanya OBT, ke depannya agen perjalanan dapat melakukan reservasi inventori pariwisata tidak hanya untuk tiket airline domestik dan internasional, namun bisa juga layanan akomodasi, lokasi wisata, paket wisata, dan banyak lagi. Ini dimungkinkan karena Wonderin.id sudah menerapkan konsep XGDS, yaitu GDS masa depan dan mengakomodasi transaksi semua jenis inventori pariwisata.

Direktur Teknik Garuda Indonesia Rahmat Hanafi menyatakan gembira atas sinergi BUMN antara Telkom dengan Garuda dengan mengoptimalkan potensi kekuatan masing-masing, saling mendukung, dan melengkapi untuk menggarap industri pariwisata khususnya terkait penerbangan dalam menghadapi masa sulit pandemi Covid-19 ini.

Ke depannya diharapkan kerja sama ini dapat diperluas hingga bisnis kargo atau logistik dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman antara Sabre dengan PT Aero Globe Indonesia (AGI), di mana AGI sudah melakukan uji coba implementasi OBT Wonderin.id, selanjutnya TravelAja dalam hal operasional sebagai agen perjalanan, serta turut memasarkannya ke pelanggan korporasi.


Baca juga: Perkuat sektor wisata, Telkom jalin sinergi dengan 7 BUMN pariwisata

Baca juga: Satelit Telkom 3S solusi genjot sektor pariwisata

Baca juga: Menparekraf dan BI bahas pembayaran digital bagi pelaku pariwisata

Baca juga: Menparekraf: Promosi pariwisata Indonesia akan beralih ke digital

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Penataan kembali jaringan listrik dan serat optik Kota Pontianak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar