hanya melayani pelanggan yang memesan tiket secara daring melalui www.ancol.com
Jakarta (ANTARA) - Taman Impian Jaya Ancol akan mengatur pembatasan pengunjung sebesar 30 persen atau 36.000 orang per hari selama libur lebaran.

Vice President Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Agung Praptono mengatakan pembatasan pengunjung tersebut merupakan syarat dibukanya kembali seluruh wahana yang ada di Ancol, termasuk wahana pemandian Atlantis yang dibuka sejak 5 Mei 2021.

"Di aturan sekarang (sebelum lebaran) pembatasan pengunjung 50 persen, nanti ketika masa lebaran kami turun jadi 30 persen. Itu adalah suatu upaya juga. Meskipun kawasan wisata tetap buka selama masa pelarangan mudik, tapi protokol kesehatan dan juga potensi terjadinya kerumunan besar tetap dikendalikan," ujar Agung dalam konferensi pers #MudikKeAncol, di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Senin.

Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Taman Impian Jaya Ancol itu mengatakan prosedur keselamatan yang diterapkan kawasan Taman Impian Jaya Ancol saat libur lebaran nanti adalah akumulasi perbaikan yang terus dilakukan hari ke hari.

Baca juga: Kapolri minta tempat wisata di zona merah ditutup

"Alhamdulillah sejak kemarin (sebelum lebaran) Ancol dibuka, sampai sekarang (saat konferensi pers itu diadakan), tidak ada penularan kasus COVID-19 yang mengarah dari Ancol. Dan itu nanti di masa lebaran ini akan menjadi perhatian (concern) kami juga," ujar Agung.

Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta yang bergerak di industri pariwisata, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk ingin  menjadikan sebagai kawasan destinasi wisata Ibu Kota yang terjamin dari sisi kesehatan maupun keamanannya.

Baca juga: Epidemiolog sebut lebih baik mudik-wisata dibatasi bukan dilarang

Sementara itu VP Taman Impian Jaya Ancol Ferdinand Gultom mengatakan pihaknya hanya melayani pelanggan yang memesan tiket secara daring melalui www.ancol.com.

Ia menjelaskan dengan luas area 215 meter persegi, kawasan Taman Impian Jaya Ancol memiliki kapasitas normal 120.000 pengunjung.

"Namun sesuai ketentuan, kami hanya melayani kapasitas 30 persen per hari," kata Ferdinand kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Adapun pemberlakuan jam buka-tutup operasional setiap kawasan untuk periode 13 – 23 Mei 2021 sebagai berikut:
  • Pintu Gerbang Ancol, pukul 06.00 – 20.00 WIB
  • Kawasan Taman & Pantai, pukul 06.00 – 21.00 WIB
  • Kawasan Allianz Ecopark, pukul 07.00 – 17.00 WIB
  • Dunia Fantasi, pukul 10.00 – 17.00 WIB
  • Ocean Dream Samudra, pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Sea World Ancol, pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Atlantis Water Adventures, pukul 08.00 – 16.30 WIB
Guna memastikan pengunjung mematuhi protokol kesehatan, maka terdapat petugas di setiap titik keramaian yang mengatur, memantau, dan mengingatkan kepada pengunjung jika terdapat pelanggaran protokol kesehatan.

Baca juga: Satpol PP Jaksel kerahkan 50 personel di Taman Marga Satwa Ragunan

Total petugas keamanan dan Satgas COVID-19 berjumlah 200 personel, di luar tenaga bantuan eksternal seperti Satpol PP, TNI, dan Kepolisian.

Ancol juga menyediakan tiga unit ambulans di lokasi wisata disertai 12 tim medis dan seorang dokter yang bersiaga jika terjadi keluhan kesehatan dari pengunjung.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021